Ahad 21 May 2023 22:02 WIB

5 Makanan Ini Dipercaya Bisa Kendalikan Tekanan Darah Tinggi

Penderita hipertensi sangat disarankan mengkonsumsi makanan tinggi kalium.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Gita Amanda
Hipertensi (ilustrasi). supan kalium akan mempengaruhi tekanan darah karena rendahnya kalium pada tubuh akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah, sebaliknya jika tinggi kalium pada tubuh akan menurunkan tekanan darah.
Foto: www.freepik.com.
Hipertensi (ilustrasi). supan kalium akan mempengaruhi tekanan darah karena rendahnya kalium pada tubuh akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah, sebaliknya jika tinggi kalium pada tubuh akan menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru, dr Hady, M.Med (Int.Med), SpPD, mengungkapkan bagi penderita hipertensi, ada beberapa makanan serta gaya hidup yang perlu diperhatikan. Sangat disarankan untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi kalium supaya mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan baik.

"Asupan kalium akan mempengaruhi tekanan darah karena rendahnya kalium pada tubuh akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah, sebaliknya jika tinggi kalium pada tubuh akan menurunkan tekanan darah," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung banyak kalium:

1. Mentimun

Mentimun ini kaya akan kalium yang merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Selain itu, mentimun juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi inilah diperlukan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. Cara konsumsi mentimun ini dapat dengan dijadikan jus dan diminum sebanyak 2 kali masing-masing 200 gram per-hari atau dikonsumsi secara langsung.

2. Kubis atau kol

Kubis atau kol memiliki kandungan kalium yang sangat baik di dalamnya. Satu cangkir kubis menyediakan 4 persen nilai harian kalium. Ini akan membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah dalam keadaan normal.

3. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang mengatur tekanan aliran darah. Selain itu, dapat membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah arteri. Jadi, konsumsi brokoli dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit jantung dan stroke iskemik.

4. Kentang

Dalam kentang mengandung magnesium, kalium, dan serat yang tinggi, tak hanya itu, kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi. Apabila di konsumsi secara rutin, akan membantu menurunkan tekanan darah.

5. Buah pisang

Buah Pisang juga mengandung kalium tinggi yang dapat menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam pisang akan membantu proses sekresi natrium dan air di dalam darah. Natrium sendiri akan memicu peningkatan volume tekanan darah. Dengan konsumsi buah pisang kandungan natrium dalam tubuh dapat dijaga, tekanan darah pun akan menurun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement