Jumat 07 Jul 2023 08:29 WIB

Infografis KPK Didera Persoalan

Sejumlah masalah mendera KPK dari pungli hingga kasus pelecehan seksual..

Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menjadi sorotan. Setelah muncul berita pungli, kini muncul kabar pegawai KPK ketahuan memotong uang perjalanan dinas. Berikut sejumlah persoalan di tubuh KPK yang menjadi sorotan publik.

1. Bocornya Informasi ESDM

Baca Juga

Polda Metro Jaya telah meningkatkan kasus dugaan kebocoran dokumen penyelidikan KPK terkait perkara di Kementerian ESDM, ke tahap penyidikan. KPK mengaku siap kerja sama.

2.  Pungli KPK

Pungli KPK terjadi di rumah tahanan KPK. Modusnya adalah meminta uang dengan imbalan penyelundupan HP ke dalam sel. Nilai pungli pada periode Desemer 2021-Maret 2022 mencapai Rp 4 miliar.

3. Pelecehan Seksual

KPK akan limpahkan penanganan kasus pelecehan seksual istri tahanan oleh petugas rutan ke penegak hukum. Kasus pelecehan ini masih satu rangkaian dari terungkapnya praktik pungli.

4. Pemotongan Uang Perjalanan Dinas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku salah seorang oknum pegawainya ketahuan memotong uang perjalanan dinas. Nilainya uang perjalanan dinas yang dipotong diduga mencapai Rp 500 juta.

5.  Perpanjangan Masa Pimpinan KPK

Perpanjangan masa pimpinan KPK selama setahun berdasarkan putusan MK yang mengabulkan permohonan Ghufron turut menuai perhatian publik. Ada yang mengaitkan perpanjangan ini dengan pemilu.

 

 

sumber : Republika/berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement