Ahad 23 Jul 2023 14:09 WIB

Tradisi Sedekah Bumi di Bogor

Tradisi yang dilakukan pada awal bulan Muharam.

Red: Tahta Aidilla

Warga berebut aneka pangan dan hasil bumi yang ditata menyerupai gunung, saat sedekah bumi di Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/7/2023). (FOTO : EPA/ ADI WEDA)

Warga membawa aneka pangan dan hasil bumi yang ditata menyerupai gunung, saat sedekah bumi di Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/7/2023). (FOTO : EPA/ ADI WEDA)

Warga melakukan pawai membawa aneka pangan dan hasil bumi yang ditata menyerupai gunung, saat sedekah bumi di Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/7/2023). (FOTO : EPA/ ADI WEDA)

Warga mengambil aneka pangan dan hasil bumi yang ditata menyerupai gunung, saat sedekah bumi di Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/7/2023). (FOTO : EPA/ ADI WEDA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR  --  Warga membawa aneka pangan dan hasil bumi yang ditata menyerupai gunung, saatsedekah bumi di Bogor, Jawa Barat, Ahad (23/7/2023).

Tradisi sedekah bumi ini merupakan ritual adat masyarakat di pulau Jawa yang telah dilakukan secara turun temurun. Upacara itu sendiri merupakan tradisi yang dilakukan pada awal bulan Muharam atau Syura dan diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat bagi umat manusia untuk hidup, dengan segala rezeki berupa tanaman, penting untuk kelangsungan hidup umat manusia.

sumber : EPA/ ADI WEDA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement