Sabtu 19 Aug 2023 14:30 WIB

Belajar Sejarah Uang Rupiah di Ajang FERBI 2023

FERBI berlangsung hingga 20 Agustus 2023.

Rep: Putra M. Akbar/ Red: Edwin Dwi Putranto

Panitia menjelaskan detail uang pecahan Rp 20.000 kepada pengunjung Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023 (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Pelajar melihat uang yang dipamerkan pada Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023 (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Pelajar melihat pecahan uang yang dipamerkan pada Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023. (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Pelajar mengecek keaslian uang Rp 20.000 menggunakan sinar ultraviolet saat Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023. (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Pelajar mengunjungi Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023. (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Kertas harapan yang dipasang saat Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023 (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Panitia menyampaikan penjelasan kepada pengunjung saat Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023 (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Panitia menyampaikan penjelasan kepada pelajar saat Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023. (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Panitia memperlihatkan benang uang Rp 20.000 kepada pengunjung Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023 (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

Izham anak yang wajahnya dicetak di mata uang Rp 75.000 menghadiri Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023. (FOTO : Republika/Putra M. Akbar)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia menjelaskan detail uang pecahan Rp 20.000 kepada pengunjung Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 di Istora Senayan, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rupiah dalam sejarah Indonesia sekaligus memberikan pemahaman bahwa rupiah tidak hanya alat pembayaran, melainkan simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa Indonesia yang berlangsung dari tanggal hingga 20 Agustus 2023.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement