Senin 04 Dec 2023 02:17 WIB

Gunung Marapi di Kabupaten Agam Meletus

Erupsi Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik..

Rep: Septiyadi, Febrian/ Red: Yogi Ardhi

Gunung Marapi menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Ahad (3/12/2023). Gunung Marapi erupsi dengan tinggi kolom 3.000 meter di atas puncaknya. (FOTO : ANTARA FOTO/Septiyadi)

Gunung Marapi menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Ahad (3/12/2023). (FOTO : ANTARA FOTO/Septiyadi)

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat erupsi pada Ahad (3/12/2023). (FOTO : Medsos)

Erupsi Gunung Marapi, Kamis (12/1/2023) tepatnya pukul 10:58 WIB erupsi Marapi mencatatkan tinggi kolom abu 1.000 m di atas puncak atau 3.891 m di atas permukaan laut (FOTO : Dokumentasi PVMBG)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM -- Gunung Marapi yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus pada Ahad (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB. Meletusnya gunungapi berketinggian 2.891 mdpl ini ditandai dengan adanya muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh.

Menurut hasil perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.

Peristiwa meletusnya Gunung Marapi ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito dalam sambungan telepon.

“Benar. Kondisi Gunung Marapi meletus. Kolom abunya membumbung tinggi ke atas terlihat dari Agam,” jelas Bambang dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ahad.

 

Saat ini tim BPBD Kabupaten Agam sudah berada di dua wilayah yang paling dekat dengan puncak, yakni Kecamatan Sungai Pua dan Kecamatan Canduang.

Gunung Marapi menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat, Ahad (3/12/2023). Gunung Marapi erupsi dengan tinggi kolom 3.000 meter di atas puncaknya. 

sumber : Antara Foto, Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement