Ahad 18 Feb 2024 13:52 WIB

Infografis Tiga Ayat Alquran tentang Kejujuran

Kejujuran merupakan sikap mulia yang disenangi Allah Swt..

Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,

Tiga Ayat Alquran tentang Kejujuran

Kejujuran merupakan sikap mulia yang disenangi Allah Swt. Karena itu ada banyak ayat alquran yang memerintahkan manusia agar memiliki sikap jujur.  Berikut beberapa ayat al-Quran tentang kejujuran:

1. Surat Al Maidah Ayat 8

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penegak (kebenaran) karena Allah (dan) saksi-saksi (yang bertindak) dengan adil. Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlakulah adil karena (adil) itu lebih dekat pada takwa. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

Menurut tafsir tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan bahwa ayat ini memerintahkan manusia dalam menjalankan pekerjannya dilakukan dengan cermat, jujur dan ikhlas karena Allah baik yang berkaitan dengan duniawi maupun agama. Karena dengan begitu akan mendapatkan balasan yang diharapkan.

2. Surat Al-Ahzab Ayat 70

 "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar"

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan selain memerintahkan agar umat beriman bertakwa, Allah juga memerintahkan agar berkata jujur. Manusia hendaknya selaras dari yang diucapkan dengan perilaku.

3. Al-Ankabut Ayat 3

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللّٰهُ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكٰذِبِيْنَ

"Sungguh, Kami benar-benar telah menguji orang-orang sebelum mereka. Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui para pendusta."

Dari ayat ini menurut tafsir ringkas kemenag bahwa Allah mengetahui siapa yang berkata jujur dan berdusta.

Sumber: Tafsir Alquran Kemenag, Pengolah: Rahmat Fajar/Hafil, Ilustrator: Ali Imron

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement