Sabtu 09 Mar 2024 13:08 WIB

Dipenjuru Dunia Aksi Peringati Hari Perempuan Internasional

Pawai, demonstrasi, dan konferensi diadakan di seluruh dunia dari Asia hingga Amerika.

Red: Tahta Aidilla

Aktivis berbaris saat protes Hari Perempuan Internasional di Manila, Filipina pada Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Aaron Favila)

Seorang prajurit penjaga kehormatan memberikan bunga kepada seorang wanita pada Hari Perempuan Internasional di St. Petersburg, Rusia, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Para pengunjuk rasa berbaris dalam protes Hari Perempuan di Madrid, Spanyol, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Bernat Armangue)

Sebuah tanda terlihat saat aksi unjuk rasa memperingati Hari Perempuan Internasional di Seoul, Korea Selatan, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Lee Jin-man)

Orang-orang berbaris saat demonstrasi Hari Perempuan Internasional di Berlin, Jerman, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Perempuan pendukung partai keagamaan Jamaa-e-Islami mengikuti unjuk rasa memperingati Hari Perempuan Internasional di Lahore, Pakistan, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/K.M. Chaudary)

Wanita yang mengenakan keffiyeh, syal kotak-kotak hitam putih yang melambangkan solidaritas Palestina, berbaris sebagai protes terhadap perang Israel-Hamas, dan memperingati Hari Perempuan Internasional, di Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Silvia Izquierdo)

seorang pria melewati lukisan protes besar-besaran menentang kejahatan rasial terhadap perempuan, bertuliskan tidak ada lagi femisida di dinding rumah di Gelsenkirchen, Jerman, pada Hari Perempuan Internasional, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP)

Polisi mendorong seorang aktivis perempuan saat mereka mencoba melakukan pawai di dekat istana presiden Malacanang saat protes Hari Perempuan Internasional di Manila, Filipina pada Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Aaron Favila)

Pelajar Spanyol berkumpul di alun-alun Plaza del Ayuntamiento selama protes Hari Perempuan Internasional di Pamplona, Spanyol utara pada hari Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Alvaro Barrientos)

Seorang wanita Lebanon memegang plakat saat menghadiri protes untuk mendukung perempuan Palestina pada Hari Perempuan Internasional di luar kantor organisasi PBB, di Beirut, Lebanon, Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Hussein Malla)

Para peserta berbaris memperingati Hari Perempuan Internasional di penyeberangan pejalan kaki Shibuya Jumat (8/3/2024). (FOTO : AP Photo/Eugene Hoshiko)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA. --  International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional diperingati tiap tahunnya pada 8 Maret. IWD merupakan hari aktivisme global yang telah diperingati sejak 1911 dengan komitmen mendorong kesetaraan perempuan.

Peringataan tahun ini pawai, demonstrasi, dan konferensi diadakan di seluruh dunia dari Asia hingga Amerika Latin dan tempat lain untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Perempuan Spanyol memperingati Hari Perempuan Internasional dengan pemogokan sehari penuh dan puluhan protes di seluruh negeri menentang kesenjangan upah dan kekerasan gender.

Karya seniman visual yang berbasis di New York Georgia Lale, membuat dengan menggunakan potongan sprei dan selimut yang ditembakan ketembok menggunakan proyektor yang mengartikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga.

Berbeda dengan di Lebanon, para perempuan membela perempuan di Palestina, menurut Badan PBB untuk Pengungsi Palestina mengatakan sekitar 9.000 perempuan telah gugur di Jalur Gaza sejak perang Israel-Hamas dimulai lima bulan lalu.

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement