Senin 17 Jun 2024 23:59 WIB

Momen Perayaan Idul Adha Dari Penjuru Dunia

Gema takbir dan tahmid berkumandang diseluruh penjuru bumi.

Red: Edwin Dwi Putranto

Umat Islam memandikan dombanya di pantai sebelum menyembelihnya untuk memperingati Idul Adha di Yoff, Senegal, Senin (17/6/2024). Idul Adha adalah hari tersuci dari dua hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tahun. Ini menandai ziarah tahunan umat Islam (haji) untuk mengunjungi Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Umat ??Islam menyembelih hewan kurban dan membagi dagingnya menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu lagi untuk fakir miskin dan membutuhkan. (FOTO : EPA-EFE/JEROME FAVRE)

Umat Muslim melaksanakan sholat Idul Adha di jalan pusat Moskovsky saat perayaan di St. Petersburg, Rusia, Ahad (16/6/2024). Umat ??Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih domba, kambing, sapi dan unta. (FOTO : AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Umat muslim melaksanakan sholat Idul Adha yang diadakan di lintasan atletik stadion Dinamo di Bucharest, Rumania, Ahad (16/6/2024). Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha, atau Hari Raya Kurban dengan menyembelih domba, kambing, sapi, atau unta. (FOTO : AP Photo/Vadim Ghirda)

Umat Muslim Bangladesh melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Nasional Baitul Mukarram di Dhaka, Bangladesh, Senin (17/6/2024). Idul Adha adalah hari raya tersuci dari dua hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tahun, menandai ziarah tahunan umat Islam (haji) untuk berkunjung. Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Umat ??Islam menyembelih hewan kurban dan membagi dagingnya menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu lagi untuk fakir miskin dan membutuhkan. (FOTO : EPA-EFE/MONIRUL ALAM)

Umat Islam menunaikan sholat Idul Adha di Rabat, Maroko, Senin (17/6/2024). (FOTO : AP Photo)

Umat Muslim melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Jama, di New Delhi, India, Senin (17/6/2024). Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. (FOTO : AP Photo/Manish Swarup)

Umat Muslim berpelukan seusai melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Jama, di New Delhi, India, Senin (17/6/2024). Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. (FOTO : AP Photo/Manish Swarup)

Umat Islam melaksanakan salat Idul Adha di samping tempat suci Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Ahad (16/6/2024). Umat Islam merayakan hari raya Idul Adha dengan menyembelih domba atau sapi, membagikan sebagian dagingnya kepada fakir miskin, dan sisanya dimakan. (FOTO : AP Photo/Mahmoud Illean)

Seorang muslim duduk di masjid Hagia Sophia pada hari pertama Idul Adha di Istanbul, Turki, Ahad (16/6/2024). Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. (FOTO : AP Photo/Francisco Seco)

Warga membawa seekor sapi jantan untuk disembelih pada hari raya Idul Adha, di Karachi, Pakistan, Senin (17/6/2024). Selama hari raya, umat Islam menyembelih kambing, domba atau sapi, dan membagikan sebagian dagingnya kepada orang miskin. (FOTO : AP Photo/Fareed Khan)

Para pria bersiap menyembelih sapi yang dagingnya nantinya akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan saat perayaan Idul Adha di Selayang, pinggiran Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (17/6/2024). Idul Adha atau Hari Raya Kurban , dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. (FOTO : AP Photo/Vincent Thian)

Seorang wanita melakukan swafoto sebelum melaksanakan sholat Idul Adha, yang diadakan di lintasan atletik stadion Dinamo di Bucharest, Rumania, Ahad (16/7/2024). Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha, atau Hari Raya Kurban dengan mengorbankan domba, kambing, sapi atau unta. (FOTO : AP Photo/Vadim Ghirda)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha pada Ahad (16/6/2024) dan Senin (17/6/2024).

Gema takbir dan tahmid berkumandang diseluruh penjuru bumi. Saat pagi, jutaan muslim melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan dan masjid.

Seusai sholat, umat muslim melanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Pelaksanaan Idul Adha di seluruh dunia berjalan dengan aman dan damai.

sumber : EPA-EFE, AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement