Selasa 17 Sep 2024 20:30 WIB

Saat Banjir Terjang Negara-Negara di Eropa Tengah

Banjir disebabkan tingginya intensitas curah hujan .

Red: Edwin Dwi Putranto

Foto udara luapan banjir yang menggenangi di pemukiman di Ostrava, Republik Ceko, Senin (16/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : AP Photo/Darko Bandic))

Seorang pria berdiri di tengah banjir setinggi pinggang di jalanan di kota Klodzko, di barat daya Polandia, Ahad (15/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : AP Photo/Krzysztof Zatycki)

Helikopter polisi membawa karung pasir untuk memperkuat tanggul sungai Nysa Klodka sebagai antisipasi gelombang banjir di barat daya Polandia, Selasa (17/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : Maciej Krysinski/KG PSP via AP)

Kendaraan terendam banjir di Ostrava, Republik Ceko, Senin (16/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : AP Photo/Darko Bandic)

Seorang warga bersama kucingnya dievakuasi menggunakan perahu karet dari rumahnya yang terendam banjir di Jesenik, Republik Ceko, Ahad (15/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : AP Photo/Petr David Josek)

Bendungan yang terbuat dari karung pasir disimpang di tepi sungai Danube untuk menahan luapan banjir ke Pulau Margaret di Budapest, Hungaria, Senin (16/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : AP Photo/Denes Erdos)

Banjir yang merendam jalan di kota Nysa, barat daya Polandia, Selasa (17/9/2024). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : Maciej Krysinski/KG PSP via AP)

Foto aerial banjir di dekat sungai Nysa Klodzka di Nysa, Polandia pada Senin (16/9/204). Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia. (FOTO : KG PSP Photo via AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, OSTRAVA -- Banjir menggenangi di permukiman di Ostrava, Republik Ceko, Senin (16/9/2024).

Banjir besar melanda beberapa negara di wilayah Eropa Tengah beberapa hari terakhir, termasuk di Republik Ceko, Slovakia, Austria, Hungaria, Rumania hingga Polandia.

Sedikitnya dilaporkan dalam peristiwa tersebut terdapat enam korban jiwa di Rumania dan masing-masing satu orang di Austria dan Polandia.

Sementara, di Republik Ceko dilaporkan empat orang hilang akibat terseret arus. Banjir tersebut diduga akibat dari tingginya intensitas curah hujan di seluruh wilayah terdampak.

Selain itu, beberapa kota di Eropa Tengah juga diprediksi akan menghadapi gelombang banjir besar seperti di Ibu Kota Hungaria, Budapest dari luapan sungai Danube dan Wroclaw, sebuah kota di Polandia Barat Daya yang dari sungai Oder.

Pemerintah Hungaria mengintruksikan tentara untuk membuat dinding penghalang menggunakan karung pasir dipasang di sepanjang sungai Danube sebagai antisipasi naiknya permukaan air sungai.

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement