Ahad 24 May 2015 09:00 WIB

Kilas Perjalanan Budaya Kasepuhan Ciptagelar

.

Red: Mohamad Amin Madani

Tempat penyimpanan padi masih menggunakan lumbung pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Penduduk kasepuhan Ciptagelar menjemur padi dengan cara tradisional pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Rombongan menuju lokasi pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Penduduk kasepuhan Ciptagelar memanen padi menggunakan ani-ani pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Peserta menghadap pimpinan adat kasepuhan Ciptagelar Abah Ugi pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Rumah tradisional kasepuhan Ciptagelar pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Penerangan sekolah menggunakan tenaga matahari di kasepuhan Ciptagelar pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

Penduduk Ciptagelar menumpuk padi pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). (Republika/Edi Yusuf)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebagai upaya pembinaan kesejarahan dan nilai tradisi di kalangan generasi muda, puluhan kalangan muda yang mempunyai latar belakang berbeda seperti arsitektur, antropologi, lingkungan dan energi terbarukan, seni kriya, pariwisata, dan sosiologi turut berpartisipasi dalam "Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015" di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Rabu (21/5).

Melalui kegiatan tersebut di harapkan para peserta mendapatkan pemahaman dan wawasan nilai kearifan lokal dalam kehidupan tradisi.

Rombongan menuju lokasi pada Perjalanan Budaya Kasepuhan Adat Ciptagelar dan Kampung Adat Ciptarasa 2015 di Kabupaten Sukabumi yang digelar Disparbud Jabar, Senin (18/5). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement