Jumat 19 May 2017 21:18 WIB

Lengan Bionik Karya Difabel

.

Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Angel Peng, 8, kehilangan sebagian telapak tangan dan jarinya saat berusia 9 bulan akibat kecelakaan di Taoyuan, Taiwan, (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

Chang Hsien-Liang, lelaki 46 asal Taiwan. Kehilangan lengan kanannya membuat dia mendorong dia untuk membuat lengan buatan bionik. (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

Chang Hsien-Liang (kiri) memasangkan lengan prosthetik buatannya kepada Angel Peng. (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

Ekspresi Angel Peng saat lengan bioniknya menggenggam botol (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

Engineer Chang Hsien-Liang, (46) menunjukkan catatan desain lengan buatan untuk Angel Peng di Tainan, Taiwan, (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

Lengan buatan Angel Peng menjabat tangan ibunya. (FOTO : Tyrone Siu/Reuters)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, TAIYOUAN -- Pria asal Taiwan Chang Hsien-Liang kehilangan lengan kanannya saat bekerja. Setelah proses amputasi Chang merasa lengan-lengan buatan yang pernah dia gunakan tidak memuaskan.

 

Sementara harga lengan buatan bionik (bio-elektronik) dengan fitur jari dan lengan yang bisa bergerak, harganya selangit. 

 

Kemudian Chang juga insinyur teknik ini mendesain sendiri lengan buatan dengan menggunakan printer 3 dimensi.  Setelah berkali-kali mencoba, Chang berhasil membuat lengan buatan yang benar-benar berfungsi dengan biaya 4000 dolar.

 

 

Sekarang Chang berusaha membantu Angel Peng. Gadis cilik berusia 8 tahun yang harus kehilangan bagian jari dan tapak tangannya karean kecelakaan saat berusia 9 bulan.

 

Chang mengembangkan desain lengan bionik lain yang sesuai dengan kebutuhan gadis cilik itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement