Senin 31 Jul 2017 00:36 WIB

Polisi Tangkap Ratusan WNA Pelaku Cyber Fraud

.

Rep: Arif Satrio Nugroho, Antara/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Petugas kepolisian membawa para tersangka saat rilis sindikat kejahatan //cyber fraud// (penipuan melalui media daring) di kawasan perumahan Graha Famili Blok N1, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (30/7). Tim Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Mabes Polri bekerja sama dengan Kepolisian Cina mengamankan 93 tersangka terdiri dari 81 warga negara asing (WNA) asal Cina dan 12 WNA dari Taiwan yang selanjutnya akan segera dideportasi ke negara masing-masing. (FOTO : Moch Asim/Antara)

Sejumlah pelaku cyber fraud (penipuan melalui media daring) asal Cina diamankan petugas di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Minggu (30/7). Petugas Satuan Khusus Mabes Polri bersama Kepolisian Cina berhasil mengamankan sebanyak 29 pelaku tindak kejahatan penipuan melalui daring dengan barang bukti berupa telepon, jaringan internet dan laptop. (FOTO : /Antara)

Sejumlah pelaku Sejumlah pelaku //cyber fraud// (penipuan melalui media daring) asal Cina diamankan petugas di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Minggu (30/7). Petugas Satuan Khusus Mabes Polri bersama Kepolisian Cina berhasil mengamankan sebanyak 29 pelaku tindak kejahatan penipuan melalui daring dengan barang bukti berupa telepon, jaringan internet dan laptop. (FOTO : Muhammad Adimaja/Antara)

Sejumlah pelaku //cyber fraud// (penipuan melalui media daring) asal Cina diamankan petugas di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Minggu (30/7). Petugas Satuan Khusus Mabes Polri bersama Kepolisian Cina berhasil mengamankan sebanyak 29 pelaku tindak kejahatan penipuan melalui daring dengan barang bukti berupa telepon, jaringan internet dan laptop. (FOTO : Muhammad Adimaja/Antara)

Petugas kepolisian membawa para tersangka saat rilis sindikat kejahatan cyber fraud (penipuan melalui media daring) di kawasan perumahan Graha Famili Blok N1, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (30/7). (FOTO : Moch Asim/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi melakukan pengungkapan tindak kejahatan siber internasional di tiga tempat sekaligus, yakni Jakarta, Surabaya, dan Bali, Sabtu (29/7) dengan mayoritas pelaku berasal dari Cina. Para pelaku diduga melakukan penipuan siber dengan melakukan pemerasan.

Baca juga, 29 WN Cina di Pondok Indah Ditangkap Terkait Kejahatan Siber.

Diketahui polisi melakukan penggerebekan dengan dugaan penipuan berbasis siber yang dilakukan WNA di tiga kota di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya dan Kuta. Dari penggerebekan itu, diketahui mayoritas pelaku berasal dari Cina.

Di Bali, 31 orang yang terdiri dari 17 orang WN Cina, 10 orang WN Taiwan, dan empat orang WNI diamankan. Sementara di Jakarta, 29 orang asal Cina juga diamankan. Sedangkan di Surabaya, 93 orang asal Cina da Taiwan juga diamankan.

Baca juga, Selain Jakarta, Polisi Juga Amankan Puluhan WN Cina di Surabaya.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement