Selasa 22 Aug 2017 22:25 WIB

Batara Kala di Amerika (bagian satu)

.

Rep: EPA, AP, Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Rangkaian momen gerhana matahari total yang diabadikan di Madras, Oregon, Amerika Serikat (FOTO : NASA/Aubrey Gemignani/EPA)

Jilatan corona matahari tampak dari foto gerhana matahari yang diambil di Dayton, Tennesse (FOTO : Joe Songer /AL.com via AP)

Gerhana matahari tampak dari balik mega di antara Ravenel Bridge in Charleston, South Carolina (FOTO : Wade Spees/The Post And Courier via AP)

Rangkaian foto multiple ekspos gerhana matahari tampak dari arah Gateway Arch di St. Louis. (FOTO : Jeff Robertson/AP)

Kacamata gerhana yang dimodifikasi untuk anak-anak di Kota Decatur, negara bagian Georgia, Amerika Serikat. (FOTO : Erik S Lesser/EPA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jutaan orang Amerika memusatkan pandangan mereka ke langit pada hari Senin waktu setempat. Saat gerhana matahari total terjadi di Oregon hingga Carolina. Melintasi 14 negara bagian bayangan bulan melintasi negara bagian tersebut selama 1,5 jam.

 

 

Terakhir kali gerhana matahari total terjadi dari sisi pantai barat hingga ke timur di wilayah Amerika terjadi pada 1918. Lintasan gerhana matahari total ini melewati kawasan yang yang dihuni 12 juta orang di wilayah selebar 113 km dan panjang 4.000 km. Banyak warga Amerika menyengaja menuju wilayah tadi untuk menikmati gerhana total.

sumber : EPA, AP, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement