Rabu 18 Oct 2017 23:54 WIB

Jam Namcek Membuat Biola dengan Cinta

.

Rep: Darko Vojinovic/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Berbagai jenis biola di bengkel milik Jan Nemcek memainkan biola mini di kawasan Kovacica, Serbia Utara. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek memainkan biola mini di kawsan Kovacica, Serbia Utara. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek memoles biola yang dibuatnya di kawasan Kovacica, Serbia Utara. Namcek adalah satu dari sedikit pembuat biola yang masih menggunakan cara-cara tradisional dalam membuat alat musik ini. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek memeriksa bahan kayu yang akan dibuat biola. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek menunjukkan biolanya yang berumur 500 tahun di kawasan Kovacica, Serbia Utara. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek mengetuk papan kayu yang akan dijadikan bahan biola. Namcek memotong dan mengolah sendiri kayu yang akan dibuatnya menjadi biola. (FOTO : Darko Vojinovic/AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, SERBIA -- Membuat alat musik klasik seperti biola memerlukan keahlian tersendiri. Keahlian yang kini semakin jarang ditemukan. Terlebih jika proses pembuatannya menggunakan cara-cara yang tidak kalah klasik. Pembuat biola asal Serbia Jan Nemcek di kawasan Kovacica, Serbia Utara adalah satu dari sedikit pembuat biola seperti deskripsi di atas.

 

Namcek membuat berbagai jenis biola dengan cara dan alat-alat yang masih tradisional. Tidak cukup dengan itu. Namcek pun mencari sendiri kayu bahan baku biolanya di hutan yang ada di sekitar kediamannya. Namcek hanya menggunakan tangannya dan peralatan manual dalam membuat biolanya. Tanpa bantuan mesin apapun. 

 

Kecintaan terhadap alat musik ini dan cara pembuatannya yang tradisional, membuat proses pembuatan biola ini mencapai 200 jam kerja. Namun lamanya proses ini terbayar dengan kualitas yang prima

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement