Ahad 06 May 2018 23:44 WIB

Masjid Najjahu, Masjid di 'Provinsi Muslim' di Cina

Ningxia memiliki populasi muslim terbesar di Cina selain Xinjiang Uygur..

Rep: Zabur Karuru/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Umat Islam Ningxia menaiki sepedanya usai mengikuti salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Rabu (3/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Seorang muslim Ningxia membaca Alquran sebelum salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Sejumlah muslim Ningxia membaca Alquran sebelum salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Muslim Ningxia bersiap-siap mengikuti salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Rabu (3/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Jamaah Masjid Ningxia beraktivitas usai salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Rabu (3/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Umat Islam Ningxia bersiap-siap mengikuti salat Ashar Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Muslim Ningxia memasuki Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Rabu (6/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

Sejumlah umat Islam Ningxia saling bercengkrama di halaman Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Rabu (3/5). (FOTO : Zabur Karuru/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, NINGXIA --Populasi muslim di Cina tidak hanya ada di Provinsi Xinjiang yang terletak di ujung  barat laut Cina dan berbatasan dengan beberapa negara lain seperti Mongolia, Rusia dan India.

 

 

 

Berada di tengah Cina, terletak Daerah Otonomi Ningxia, satu dari 5 daerah otonomi di yang memiliki populasi muslim terbesar di Cina selain Xinjiang Uygur. Dengan jumlah pemeluk Islam hingga 10 juta jiwa etnis Muslim Hui ini merupakan muslim terbesar di Negeri Tirai Bambu ini.

 

 

 

Di sini terdapat Masjid Najjahu. Sebuah masjid yang dibangun tahun 1524 di masa pemerintahan Kaisar Jiajing Dinasti Ming. Masjid tersebut memiliki luas sekitar 9.000 meter persegi dan dapat dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Islam di Ningxia.

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement