Rabu 31 Oct 2018 00:01 WIB

Alat Musik dari Barang Bekas (1)

Dibuat dari beragam jenis barang bekas knalpot helikopter, kompor, cakram rem..

Rep: Iman Firmansyah/ Red: Yogi Ardhi

Alat musik kontemporer berbahan baku barang bekas buatan Slamet Jenggot (FOTO : Iman Firmansyah/Republika)

Timbangan menjadi salah satu bagian alat musik kontemporer berbahan baku barang bekas buatan Slamet Jenggot (FOTO : Iman Firmansyah/Republika)

Alat musik kontemporer berbahan baku barang bekas buatan Slamet Jenggot (FOTO : Iman Firmansyah/Republika)

Alat musik kontemporer buatan Slamet Jenggot ditempelkan satu dengan yang lain tanpa las melainkan dengan mur dan baut. (FOTO : Iman Firmansyah/Republika)

Slamet Jenggot membuat secara khusus helmnya agar menjadi bagian dari Alat musik kontemporer buatannya. (FOTO : Iman Firmansyah/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang ada di bayangan ada sebuah alat musik yang  mempunyai berat  total 600 kg dan sepanjang 2 meter? Mungkin kening anda akan semakin berkerut ketika disebutkan alat musik ini dibuat dari beragam jenis barang bekas seperti knalpot helikopter, kompor, cakram rem, lampu penerangan jalan, keran air,  hingga mesin tik.

Adalah Slamet Wiyono  pria  berusia  65 tahun warga Bekasi, yang menciptakan alat musik  yang disebutnya alat musik kinetik. Pria yang terkenal dengan sebutan Slamet jenggot, sejak tahun 2012 merangkai berbagai barang bekas  menjadi sebuah alat musik yang menghasilkan bunyi.

Barang bekas yang berupa dari besi dan baja ini  dikumpulkan   pria yang  sering melukis tersebut secara  bertahap dari berbagai sumber seperti pengumpul barang bekas atau dari bengkel-bengkel. Benda-benda ini kemudian digabungkan tanpa di-las namun mengggunakan mur dan baud.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement