Rabu 12 Dec 2018 22:29 WIB

Gitar Ukir Bali yang Mendunia

I Wayan Tuges yang memadukan aspek keindahan visual dan suara instrumen gitar..

Rep: Wihdan Hidayat/ Red: Yogi Ardhi

Gitar ukir memadukan keindahan visual dan kualitas suara yang mumpuni. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Proses pembuatan Gitar ukir melibatkan seniman ukir Bali. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Seniman ukir I Wayan Tuges mempelajari proses pembuatan gitar langsung ke Amerika Serikat. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Untuk membuat gitar ukir di bengkel kerjanya dipekerjakan 45 orang dengan berbagai keahlian. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Leher gitar pada gitar ukir karya I Wayan Tuges tidak lepas dari ornamen ukir. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Deretan gitar ukir Blueberry I Wayan Tuges lebih dikenal di manca negara. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Gitar ukir Blueberry karya I Wayan Tuges memadukan keindahan visual dan kualitas suara yang mumpuni. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

I Wayan Tuges berasama gitar-gitar ukir karyanya di workshop miliknya.,. (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Gitar akustik adalah salah satu instrumen musik yang paling banyak digunakan oleh musisi manapun. Suaranya yang khas membuat alat musik ini digemari musisi di berbagai belahan dunia. Gitar yang diproduksi seorang seniman Bali memiliki kelebihan lain selain kualitas suaranya. Penampilan fisik gitar yang penuh dengan ukiran membuat penampilan gitar lebih indah dan memberikan nilai lebih kepada penampilan sang musisi saat berada di panggung

 

Adalah gitar ukir karya I Wayan Tuges yang memadukan aspek keindahan visual dan suara instrumen gitar. Seniman ukir ini mempelajari teknik membuat gitar langsung dari dari negeri Paman Sam. Proses belajar yang tidak mudah. “Saya bukan pemain gitar, dan tidak paham seperti apa gitar, “ ujar Tuges.

 

Hal tadi menjadi ganjalan pada saat memulai membuat gitar ukir. Namun secara bertahap kualitas gitar Tuges semakin bagus dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Di bengkel kerjanya berderet gitar ukir buatanya dijejer di etalase gerainya.

 

Berbagai macam model ada di sana. Selain mengutamakan detail pada ukiran. Tuges kini membawahi sekitar 45 pemuda Bali dengan tangan-tangan kreatifnya itu juga mengawasi ketat kualitas suara yang dihasilkan gitar produksinya. Dengan harga jual mulai 3.000 Dolar AS, gitarnya yang mengusung merek Blueberry memang lebih laku di pasar internasional.

Salah satu karya anak bangsa yang membanggakan. Dibuat dengan standar tinggi menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement