Rabu 19 Dec 2018 23:30 WIB

Lintas Ekbis: Sektor Mamin Jadi Prioritas Industri Halal

.

Rep: Republika, Antara/ Red: Yogi Ardhi

Pekerja menyelesaikan pembuatan tauco di Pabrik Tauco tertua di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (19/12). Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) memproyeksikan pertumbuhan industri makanan dan minuman tahun ini berada di kisaran delapan hingga sembilan persen atau di bawah target yang dipatok di awal tahun yakni lebih dari 10 persen. (FOTO : Raisan Al Farisi/Antara)

Petugas menunjukkan uang asli tahun emisi 1998 dan 1999 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah, Rabu (19/12). Masyarakat dihimbau segera menukarkan uang asli tahun emisi 1998 dan 1999 pecahan Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu dan Rp100 ribu, karena batas berakhir penukaran di Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018 (FOTO : Oky Lukmansyah/Antara)

Dolly Regar (food blogger) dan Yuki Anggia (travel blogger) berbicara pada acara “Bicara Baik” dengan 50 penggiat media sosial dari Kota Medan dan sekitarnya di Medan, Rabu (19/12). PT Semen Indonesia kembali menggelar acara ini untuk mengantisipasi perkembangan penggunaan media sosial khususnya di kalangan generasi muda. (FOTO : Dok Semen Indonesia)

Dolly Regar (food blogger) dan Yuki Anggia (travel blogger) berbicara pada acara “Bicara Baik” dengan 50 penggiat media sosial dari Kota Medan dan sekitarnya di Medan, Rabu (19/12). PT Semen Indonesia kembali menggelar acara ini untuk mengantisipasi perkembangan penggunaan media sosial khususnya di kalangan generasi muda. (FOTO : Audy Alwi/Antara)

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto (dua kanan) bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati (ketiga kanan) dan Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjan Krishna Syarif (kiri) berbincang dengan personil unit layanan BPJS Ketenagakerjaan di outlet BNI usai peresmiannya, Kabupaten Kuningan, Rabu (19/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Pemimpin Divisi Komunikasi Korporasi Bank DKI, Herry Djufraini (tengah) bersama Ketua Tim Penilai CGPI, Gendut Suprayitno (kanan) dan Pemimpin Redaksi Majalah SWA, Sujatmaka (kiri) menerima penghargaan pada acara Indonesia Corporate Governance Award 2018 di Jakarta, (19/12). Pada kesempatan tersebut, Bank DKI mendapatkan predikat sebagai perusahaan terpercaya untuk ke 9 (sembilan) kalinya dalam Indonesia Corporate Governance Award 2018. (FOTO : Dok Bank DKI )

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas Bambang Brodjonegoro menilai makanan dan minuman merupakan sektor dengan potensi paling besar untuk dikembangkan sebagai prioritas industri halal. Salah satunya karena sektor ini memiliki pertumbuhan 8,67 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,17 persen pada kuartal ketiga tahun ini.

Selain itu, Bambang menambahkan, sektor makanan dan minuman sudah memiliki infrastruktur manufaktur yang maksimal, sehingga untuk pengembangannya cenderung lebih mudah. "Tugas kita sekarang, tinggal positioning sebagai net exportir dan menyatakan secara tegas bahwa kita siap di pasar global," kata dia, dalam acara Halal Value Chain Forum di Manhattan Hotel, Jakarta, Selasa (18/12). Berikut berita foto lintas ekonomi dan bisnis selengkapnya.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement