Sabtu 16 Mar 2019 05:15 WIB

Cara Hewan Peliharaan Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Pemilik hewan cenderung memiliki sikap lebih positif.

Foto: dok Republika
Cara Hewan Peliharaan Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki hewan peliharaan bisa membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Hewan peliharaan bisa menaikkan rasa percaya diri manusia. Sekaligus mengurangi perasaan negatif yang dimiliki diri.

Percaya diri

Studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan kalau pemilik hewan peliharaan menunjukkan rasa percaya diri yang lebih kuat dibanding yang tidak punya hewan peliharaan. Pemilik hewan juga lebih extrovert dan tidak terlampau banyak takut, dibanding mereka yang tidak punya hewan peliharaan.

Alergi

Memiliki hewan peliharaan tidak membuat pemiliknya lebih rentan terkena alergi. Kenyataannya, studi menunjukkan paparan terhadap hewan peliharaan sejak usia dini justru mengurangi risiko alergi hewan saat dewasa.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan orang dewasa muda, diketahui mereka yang punya hewan peliharaan di rumah saat kecil sekitar 50 persen cenderung tidak memiliki reaksi alergi terhadap hewan.

Perasaan negatif

Dalam studi yang dilakukan tahun 1997 terhadap pemilik hewan peliharaan, peserta diberi paparan pengalaman sosial yang negatif. Studi menunjukkan peserta yang menulis tentang hewan peliharaan atau sahabat mereka menunjukkan nol perasaan negatif dan bahagia, meski baru saja mengalami pengalaman sosial yang negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement