Selasa 07 May 2019 04:35 WIB

Cara Tetap Sehat di Bulan Puasa

Hindari minuman manis di saat sahur.

Foto: Republika
Sehat di Bulan Puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, Puasa Ramadhan tidak hanya membawa pahala bagi umat Muslim. Banyak penelitian ilmiah Barat yang menyebut puasa memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan namun bisa hilang bila puasa dijalani dengan pola yang mengikuti nafsu. Justru saat puasa dianjurkan banyak makan sehat dan berpola hidup sehat.

Kurangi minuman manis

Minuman manis saat sahur akan menyebabkan kadar gula dalam darah cepat berkurang dan malah menimbulkan rasa cepat lapar dan haus. Minuman manis menurunkan kadar gula sehingga pagi-pagi sudah terasa lapar dan bisa hipoglikemia.

Sahur gizi seimbang

Saat sahur dianjurkan makan dengan porsi makan lengkap dan seimbang. Mulai dari karbohidrat, protein nabati dan hewani, sayur dan buah, lemak atau minyak sedikit hanya untuk menumis, bisa pula ditambah susu.

Olahraga

Berolahraga bisa tetap dilakukan. Waktu terbaik adalah sebelum atau selepas berbuka agar cairan tubuh yang hilang bisa langsung digantikan.

Berbuka sehat

Untuk berbuka boleh dengan yang manis seperti teh manis, kurma, kolak, dan lainnya untuk mengganti gula darah yang mulai rendah pada sore hari. Sangat dianjurkan agar tidak meminum minuman dingin karena bisa membuat stres organ-organ tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement