Selasa 30 Jul 2019 01:14 WIB

Empat Perjalanan Anies Baswedan ke Luar Negeri

Pada 2019, Anies Baswedan sudah empat kali melakukan perjalanan ke luar negeri.

Empat perjalanan Anies Baswedan ke luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, Empat Perjalanan Anies Baswedan ke Luar Negeri

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah empat kali melakukan kunjungan ke luar negeri pada tahun ini. Seringnya kepala daerah melakukan kunjungan ke luar negeri sempat disoal oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Namun, Tjahjo menegaskan, tidak ada masalah soal izin dalam kunjungan Anies ke luar negeri.

1.  1 Maret, Anies menjenguk almarhum Ani Yudhoyono yang saat itu dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura. Semua perjalanan gubernur menggunakan dana pribadi dan tanpa APBD.

2. Pada 3 Mei, Anies menjadi keynote speaker The Pyramid’s Annual Post-AGM Gala Dinner yang dilaksanakan di Singapura di hadapan pemimpin Singapura, tokoh akademisi, pebisnis, para menteri anggota kabinet, termasuk mantan Perdana Menteri. Acara itu merupakan undangan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. Seluruh transportasi dan akomodasi tersebut ditanggung oleh pihak penyelenggara.

3. Pada 20-21 Mei, Anies menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit Agenda di Tokyo, Jepang. Anies sekaligus menjadi pembicara mengenai perubahan iklim. Untuk perjalanan ke Tokyo, Pemprov sudah mengajukan surat permohonan izin kepada Mendagri sejak bulan Januari 2019.

4. Pada 8-17, Anies berdinas ke Medellin, Kolombia dan Amerika Serikat. Kegiatan Anies menjadi pembicara pada pertemuan pemimpin kota sedunia The World Cities Summit Mayors Forum 2019, pembicara pada pertemuan USINDO Open Forum, dan bernegoisasi dengan Formula E.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement