Sabtu 03 Aug 2019 05:02 WIB

Jejak Lipstik di Bibir Wanita

Lipstik sudah menghiasi bibir wanita sejak era Cleopatra.

Foto: Republika
Lipstik.

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita dan lipstik bak dua hal yang sulit dipisahkan. Pulasan sedikit warna di bibir bisa membuat tampilan lebih segar secara instan.

* 5.000 tahun lalu

Lipstik konon pertama muncul 5.000 tahun lalu di Mesopotamia atau sekarang dikenal dengan Irak. Dulu, wanita menggerus batu berharga hingga jadi serbuk dan digunakan di bibir serta kelopak mata.

* Mesir kuno

Penciptaan lipstik juga tak lepas dari sejarah Mesir kuno. Wanita Mesir kuno diketahui kerap menggunakan lipstik, terkecuali mereka yang miskin.

* Lipstik alami

Dulu lipstik dibuat dari ekstrak rumput lamput, iodine, dan sebagainya. Karena racikan tersebut bisa beracun, penggunaan bahan pewarna dari semut hingga lebah mulai digunakan untuk lipstik.

* Masa Eropa

1.500 tahun setelah Cleopatra digambarkan kerap berlipstik merah, lipstik hampir tidak ada di Eropa. Perang dan buruknya ekonomi menjadi penyebabnya.

* Sejak 1920

Baru setelah masuk akhir abad ke-19 lipstik kembali populer. Dan, sejak 1920-an, lipstik dan kosmetik lain berkembang ke seluruh dunia menjadikan kebutuhan sehari-hari wanita dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement