Rabu 29 Jan 2020 12:04 WIB

Kampung Literasi Jatipulo,Tingkatkan Gemar Baca (1)

.

Rep: Prayogi / Red: Yogi Ardhi

Sejumlah anak membaca di Fasilitas membaca bagi warga di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (FOTO : Prayogi/Republika)

Fasilitas membaca bagi warga di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (FOTO : Prayogi/Republika)

Gerbang Kampung Literasi di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (FOTO : Prayogi/Republika)

Sejumlah anak membaca di Fasilitas membaca bagi warga di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (FOTO : Prayogi/Republika)

Seorang warga melintasi mural bertema literasi di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat (FOTO : Prayogi/Republika)

Koleksi buku di fasilitas membaca bagi warga di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. (FOTO : Prayogi/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kita mengunjungi di Jalan Z RW 08, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat akan tampak sesuatu yang berbeda. Tepat di depan jalan sudah terlihat gapura merah dengan patung buku besar di atasnya. Setelah melewati gapura, dinding-dinding rumah pun dihiasi dengan mural-mural yang menarik bertemakan literasi.

Selain terdapat mural-mural berisi ajakan gemar membaca, di kampung literasi ini terdapat 5 kotak berisi beragam buku yang ada di sejumlah titik. Berbekal konsep kejujuran, kotak buku disebar di sepanjang kampung. Warga terutama anak-anak bebas membaca kapan saja dan di mana saja yang penting buku harus dikembalikan ke kotak semula.

Di kawasan padat penduduk ini sejumlah anak-anak terlihat antusias silih berganti mengambil buku dari kotak berwarna merah bertuliskan “Silahkan dibaca dengan Kejujuran, Jika Pinjam 1 Buku Wajib Simpan 1 Buku”.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement