Rabu 22 Apr 2020 23:43 WIB

Sambut Ramadhan: Masjid dan Ziarah di Tanah Likuefaksi

.

Red: Yogi Ardhi

Pekerja melakukan pengecatan masjid di Masjid An Nur, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (22/4/2020). Pembersihan rumah ibadah umat islam tersebut dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah agar terlihat lebih indah (FOTO : ANTARA/Jojon)

Warga berada di sekitar bekas pemukiman mereka yang hancur akibat bencana gempa dan likuefaksi di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (22/4/2020). Jelang Ramadhan kawasan tersebut ramai didatangi warga yang datang untuk berziarah mendoakan keluarga mereka yang menjadi korban dan dinyatakan hilang di tempat tersebut serta untuk melihat dan mengenang pemukiman mereka yang hancur akibat bencana alam yang terjadi pada 28 September 2018 lalu (FOTO : ANTARA/Mohamad Hamzah)

Warga melewati manekin berjilbab di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020). Penjualan jilbab menjelang bulan suci Ramadan 1441 H di pasar tersebut mengalami penurunan drastis hingga mencapai 85 persen dibandingkan tahun lalu akibat dampak pandemi COVID-19 (FOTO : ANTARA/ARIF FIRMANSYAH)

Jamaah An Nadzir beraktivitas di Kampung Butta Ejayya, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (22/4/2020). Meski pemerintah belum menetapkan secara resmi awal puasa namun Jamaah An Nadzir telah menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada (23/4) berdasarkan pengamatan tanda alam seperti pergerakan bulan dan air pasang laut (FOTO : ANTARA/ABRIAWAN ABHE)

Sejumlah orang mengerjakan perluasan bangunan masjid guna mengantisipasi kemungkinan kekurangan tempat salat Tarawih berjamaah dengan penerapan ?physical distancing (FOTO : ANTARA/Siswowidodo)

Sejumlah nelayan memamfaatkan waktu untuk memperbaiki jaring dengan latarbelakang kapal motor nelayan parkir di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (22/4/2020). Dalam rangka merayakan tradisi meugang bersama keluarga dan menyambut bulan Suci Ramadhan 1441 hijriah, nelayan Aceh mulai libur melaut dan akan kembali melaut pada hari ketiga Ramadhan (FOTO : ANTARA/Rahmad)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun anjuran untuk menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan beberapa masjid tetap berbenah menyambut Ramadhan.

Sementara itu tradisi ziarah kubur menjelang Ramadhan dilakukan oleh kerabat korban gempa dan likuefaksi di Poso beberapa tahun lalu.

sumber : Republika, Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement