Kamis 04 Jun 2020 23:43 WIB

Lintas Ekbis: Pemerintah Perluas Negara Tujuan Ekspor

.

Red: Yogi Ardhi

Buruh memetik daun teh di perkebunan Teh Tambi kawasan lereng gunung Sindoro Desa Sigedang, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (4/6). ekstensifikasi negara tujuan ekspor ke negara-negara di wilayah Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, termasuk Eropa. (FOTO : ANIS EFIZUDIN/ANTARA FOTO)

Petugas SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) Karangantu mengisi bahan bakar solar bersubsidi ke ratusan jerigen milik nelayan di Pelabuhan Karangantu, Serang, Banten, Kamis (4/6/2020). Menurut pengurus HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) setempat kebutuhan solar untuk 177 kapal pencari ikan di lokasi itu rata-rata mencapai 148 ton per bulan, tapi baru bisa dipenuhi 110 ton per bulan sehingga nelayan yang tidak kebagian terpaksa membeli solar non-subsidi (FOTO : Antara/Asep Fathulrahman)

Pedagang memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat simulasi dan monitoring persiapan protokol kesehatan oleh Pemkot Bandung di pusat perbelanjaan Pasar Baru, Kota Bandung, Kamis (4/6). Simulasi ini dilkukan untuk melihat kesiapan pusat perbelanjaan di Kota Bandung dalam menjalankan protokol kesehatan, sebelum diberikan relaksasi seperti sektor lain yang saat ini sudah mulai beroprasi (FOTO : Edi Yusuf/Republika)

Petani memupuk tanaman padi di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (4/6/2020) (FOTO : Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Sejumlah warga mengantre pembayaran pajak kendaraan bermotor pada mobil Samsat Keliling di area GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/6/2020). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat resmi memperpanjang program Triple Untung hingga 31 Juli 2020 mendatang yaitu bebas denda pajak kendaraan bermotor, bebas pokok dan denda BBNKB II (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) serta bebas tarif progresif pokok tunggakan sebagai salah satu langkah dalam masa adaptasi tatanan baru (new normal) (FOTO : ANTARA/ARIF FIRMANSYAH)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Tujuan ekspor terbesar Tanah Air meliputi Amerika Serikat dan Tiongkok. Keduanya menjadi negara yang terdampak cukup parah akibat covid. Untuk menjaga kinerja ekspor Indonesia supaya tetap positif, Kemendag akan membidik peluang baru dengan tujuan ekspor ke negara-negara di wilayah Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, termasuk Eropa. 

Kemendag mendorong peningkatan ekspor produk makanan dan minuman. Sebab, kedua produk tersebut sangat dibutuhkan dunia. Di antaranya untuk meningkatkan imunitas dan stamina. Dengan begitu, permintaan ekspor makanan serta minuman bisa melonjak signifikan.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement