Selasa 16 Jun 2020 10:17 WIB

Potret Pekerja Migran Venezuela di Taman Kota Bogota

Pekerja migran ini kehilangan mata pencarian di negeri orang akibat terimba pandemi..

Rep: Fernando Vergara, Putra M Akbar/ Red: Yogi Ardhi

Yuliana Rodriguez menggendong putrinya bersama ibunya Lizet Vivas berpose dengan beberapa barang mereka di luar tenda tempat mereka tinggal bersama migran Venezuela yang menganggur di Bogota, Kolombia, Rabu (10/6). Rodriguez, seorang ibu tunggal dan ibu rumah tangga, meninggalkan ibu dan putrinya di kota asalnya Merida dua setengah tahun yang lalu, untuk melakukan perjalanan ke Ekuador di mana ia menemukan pekerjaan (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Fredy Pena dan istrinya Maria Burgos berpose bersama anak-anak mereka di luar tenda tempat mereka tinggal sejak awal bulan bersama migran Venezuela yang menganggur di Bogota, Kolombia, Rabu (10/6). Tukang kayu dan ibu rumah tangga itu meninggalkan Barquisimeto tempat asal mereka, Venezuela dua tahun lalu ke Cali, di mana ia bekerja mencuci mobil (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Darwin Herrera (kiri) dan istrinya Jennifer Repelo berpose dengan anak kembaryang berusia enam bulan dan barang bawaan di luar tenda tempat mereka tinggal sejak akhir Mei bersama para migran Venezuela yang menganggur di Bogota, Kolombia , Rabu (10/6). Dari negara bagian Carabobo di Venezuela, mantan kurir konstruksi itu bermigrasi ke Bogota dua tahun lalu, di mana Herrera menemukan pekerjaan membongkar dan memuat truk (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Luis Linares (71, kanan) bersama istrinya Vilmara Lopez ( 54, kedua dari kanan), berpose dengan anak-anak dan cucu-cucu mereka di luar tenda tempat mereka tinggal bersama para migran Venezuela yang menganggur sejak awal bulan di Bogota, Kolombia, Rabu (10/6). Mantan pekerja bangunan dan pemilik restoran itu memindahkan keluarga mereka dari Caracas ke Barranquilla dua tahun lalu, tetapi akhirnya pergi ke Bogota di mana Luis bekerja sebagai pedagang kaki lima, dan Vilmara bekerja di sebuah restoran (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Liliana Hidalgo dan Abrahan Gonzalez berpose bersama putri mereka dan dua keponakan di luar tenda tempat mereka tinggal sejak akhir Mei bersama para migran Venezuela yang menganggur di Bogota, Kolombia, Rabu (10/6). Dua tahun lalu, pembuat roti profesional itu meninggalkan kampung halamannya di Puerto Ayacucho, negara bagian Amazonas, untuk bermigrasi ke Peru di mana ia menemukan pekerjaan di sebuah restoran dan dia bekerja menjual pakaian (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Jessica Flores berpose bersama putranya Luisiany di luar tenda tempat mereka tinggal sejak akhir Mei bersama para migran Venezuela yang menganggur di Bogota, Kolombia, Rabu (10/6). Mantan pengacara itu meninggalkan ibu asalnya Puerto Ayacucho di negara bagian Amazonas pada akhir 2019 dan bertemu dengan suaminya dan putra mereka yang lain di Bogota, beberapa bulan sebelum masa lockdown untuk mengurangi penyebaran virus Corona (FOTO : AP/Fernando Vergara)

Maicol Hernandez (kiri) dan istrinya Railin Hernandez berpose bersama putra mereka Elieker Hernandez di luar tenda tempat mereka tinggal bersama para migran Venezuela yang menganggur sejak akhir Mei di Bogota, Kolombia, Rabu, Juni (10/6). Mantan mekanik sepeda motor dan ibu rumah tangga itu meninggalkan kota asalnya, Merida, dua tahun lalu ketika mereka pergi dengan berjalan kaki ke Lima, Peru, di mana ia bekerja di sebuah restoran dan toko buah (FOTO : AP/Fernando Vergara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Pandemi yang merebak ke seluruh dunia melumpuhkan banyak sektor ekonomi berbagai negara di dunia. Imbasnya tenaga kerja lokal maupun migran di berbagai negara kehilangan lapangan pekerjaannya.

Hal tersebut terjadi di Kolombia. Ribuan tenaga migran asal Venezuea mendirikan tenda darurat taman kota ibukota Kolombia, Bogota. Mereka menunggu untuk dijemput menggunakan bus ke perbatasan Kolombia-Venezuela, kembali ke kampung halaman di Venezuela. 

 

 

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement