Selasa 09 Nov 2021 05:51 WIB

Infografis Jauhi Sifat Boros

Salah satu sifat yang harus dijauhi seorang Muslim adalah sifat boros.

Foto: Infografis Republika
Infografis Jauhi Sifat Boros

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu sifat yang harus dijauhi seorang Muslim adalah sifat boros terhadap harta benda yang dimiliki. Sebab menjadi orang yang boros hanya akan membawa pada kesengsaraan hidup.

Allah Subahanahu wa Ta'ala berfirman dalam Alquran surat Al Isra' ayat 26-27

Baca Juga

وَآتِ ذَا الْقُرْ‌بَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ‌ تَبْذِيرً‌ا ﴿٢٦﴾ إِنَّ الْمُبَذِّرِ‌ينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَ‌بِّهِ كَفُورً‌ا ﴿٢٧﴾

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros (26). Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya (27).

 

Dalam tafsir Tahlili, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kementerian Agama RI menjelaskan akhir ayat tersebut, Allah melarang kaum Muslimin bersikap boros yaitu membelanjakan harta tanpa perhitungan yang cermat sehingga menjadi mubazir. Larangan ini bertujuan agar kaum Muslimin mengatur pengeluarannya dengan perhitungan yang secermat-cermatnya.

Dalam sebuah hadits Rasulullah ﷺ bersabda

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنِ اقْتَصَدَأَغْنَاهُ اللَّهُ وَمَنْ بَذَّرَ أَفْقَرَهُ اللَّهُ وَمَنْ تَوَاضَعَ رَفَعَهُ اللَّهُ وَمَنْ تَجَبَّرَ قَصَمَهُ اللَّهُ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa hemat (cermat dalam menggunakan uang), maka Allah akan memberikan kekayaan kepadanya. Dan barangsiapa boros, maka Allah akan menjadikannya fakir. Dan barangsiapa tawadhu, maka Allah akan mengangkat (derajatnya) dan barangsiapa semena-mena maka Allah akan mematahkannya. (HR. Bazzar)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement