Kamis 01 Jun 2023 00:17 WIB

Mereka yang Mendadak Berjilbab Saat Tersangkut Hukum

Din minta mereka yang jadikan jilbab sebagai kamuflase kasus agar dihukum berat. .

Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah perempuan yang terseret kasus hukum tiba-tiba mengenakan jilbab atau kerudung. Terbaru yakni seorang perempuan tersangka kasus penipuan tiket konser Coldplay berinisial W (24 tahun).Berikut daftar tersangka atau terdakwa perempuan yang mendadak pakai jilbab ketika pemeriksaan/persidangan.

1. Jaksa Pinangki

Baca Juga

Pada Oktober 2021, terdakwa kasus suap dan gratifikasi MA, Pinangki Sirna Malasari mengikuti persidangan Tipikor dengan mengenakan jilbab serta terusan gamis berwarna biru dongker. Padahal dalam keseharian tidak.

2. Siskaee

 

Pada Desember 2021 lalu, tersangka eksibisionis di Bandara Yogyakarta Siskaee atau FCN mendadak meminta mengenakan jilbab saat tiba di Polda DIY. Padahal dalam melakukan aksinya tidak memakai penutup kepala.

3. Amel Alvi

Pada Oktober 2015, selebritas yang tersangkut kasus muncikari artis Robbi Abbas, Amel Alvi hadir di PN Jakarta Selatan. Tidak seperti biasa dalam kehidupan normal yang kerap memakai pakaian seksi, saat itu Amel mengenakan kerudung warna hitam dan pakaian serba hitam, termasuk kaca mata hitam.  

4. Malinda Dee

Pada 2011 lalu, Malinda Dee yang terseret kasus penipuan dan pembobolan dana nasabah CitiBank kerap memakai kerudung saat pemeriksaan dan persidangan.

5. Tersangka Penipu ColdPlay

 

Tersangka penipuan tiket ColdPlaya berinisial W mendadak mengenakan jilbab pada saat ditampilkan di muka umum. Padahal ketika penangkapan, pelaku tidak berhijab.

 

Respons Tokoh dan Pejabat

 

Din Syamsuddin, mantan ketua MUI

"Terhadap mereka patut untuk dikenakan hukum lebih berat. Pertama, atas kejahatannya dan kedua atas kamuflase atau kemunafikan yang dilakukannya," ujar Din di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

ST Burhanuddin, Jaksa Agung

"Tadinya nggak berhijab, itu malah merusak (image orang yang berhijab). Makanya saya ngamuk waktu itu, terus nggak ada lagi, sekarang pakai rompi aja," jelasnya.  

 

 

 

sumber : Republika/berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement