Selasa 09 Apr 2024 04:58 WIB

Melihat Gerhana Matahari Total dan Keutamaan dalam Islam

Gerhana peristiwa astronomis tertutupnya sinar Matahari oleh Bumi atau Bulan.

Red: Tahta Aidilla

Gerhana matahari total terlihat dari Arlington, Texas, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Anggota Senat mengenakan kacamata gerhana saat melihat bulan menutupi sebagian matahari saat terjadi gerhana matahari total, di depan Senat AS di Capitol Hill, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Seseorang memotret matahari saat bulan melintas di antara matahari dan bumi sehingga terjadi gerhana matahari total, di Montreal, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Bulan menutupi sebagian matahari di belakang Patung Liberty saat gerhana matahari total di Pulau Liberty, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Masyarakat berkumpul menyaksikan gerhana matahari total dari Air Terjun Niagara, Ontario, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Bintik matahari terlihat saat fase awal gerhana matahari total, Senin, 8 April 2024, di Arlington, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Kamera pada tripod dipasang untuk memotret gerhana matahari total di Air Terjun Niagara, Ontario, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Bulan hampir menutupi matahari saat terjadi gerhana matahari total, terlihat dari Bishop (FOTO : AP)

Chris Belkosky menunjukkan pengaturan teleskop Dobsonian miliknya, sebelum dimulainya gerhana matahari total, di Kingston, Ontario, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Bulan menutupi matahari saat gerhana matahari total, saat bendera Kanada dan Quebec berkibar, terlihat dari Bishops University di Sherbrooke, Quebec, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

Kombinasi foto ini memperlihatkan lintasan bulan dari kanan ke kiri saat terjadi gerhana matahari total, dilihat dari Mazatlan, Meksiko, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (FOTO : AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA. --  Gerhana merupakan peristiwa astronomis tertutupnya sinar Matahari oleh Bumi atau Bulan sehingga mengakibatkan kegelapan selama beberapa saat di Bumi. Gerhana matahari total awal mulai tampak di Meksiko lalu bergerak ke kota-kota besar dan kecil di wilayah barat tengah AS.

Kemudian, gerhana matahari total akan segera terlihat di beberapa kota di Amerika bagian utara. Gerhana matahari total akan tampak di Pennsylvania, New York, dan Vermont.

Dalam sejarah Islam dan hadits peristiwa gerhana direkam dalam riwayat hadits dan tarikh terkait dengan peristiwa meninggalnya putra Rasulullah yang bernama Ibrahim. Empat kali di Makkah dan empat kali di Madinah. 

Tidak kurang dari 750 ayat membicarakan kealaman atau yang disebut dengan ayat-ayat kauniyyah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk segera shalat, istighfar, bersedekah, dan semangat melakukan amalan-amalan kebajikan saat terjadi gerhana.

Maka dari itu, gerhana bagi seorang mukmin selayaknya menimbulkan rasa takut, membuatnya berpikir akan azab Allah, dan menyadarkan dirinya untuk segera bertobat. 

 

        

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement