Rabu 04 Sep 2024 16:30 WIB

Infografis Poin-Poin Pernyataan Paus saat Bertemu Presiden Jokowi

Paus menyinggung soal UUD 1945 saat bertemu Jokowi..

Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,

Poin-Poin Pernyataan Paus saat Bertemu Presiden Jokowi

Pertemuan Paus Fransiskus dan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka baru saja selesai. Dialog dua tokoh tersebut berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (4/9/2024) siang WIB. Dalam pernyataannya, Paus menitikberatkan pada beberapa poin.

1. Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman namun memiliki semangat saling menghargai untuk persatuan.

2. Mendorong perlawanan terhadap aksi ektrimisme dan intoleransi dengan meningkatkan dialog antar agama.

3. Gereja ingin  mencapai perdamaian dan menghormati semua agama dengan kerja sama dengan lembaga negara, perwakilan masyarat sipil, mendorong pembentukan struktur sosial yang seimbang.

4. Paus mempelajari dan merujuk pada pembukaan UUD 1945 anda yang menawarkan wawasan berharga bagi jalan yang dipilih oleh Indonesia yang demokratis dan merdeka.

5. Paus menyinggung adanya kesadaran akan berkat Tuhan yang Maha Kuasa di UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Keadilan Sosial yang merupakan prinsip hakiki untuk menginspirasi dan menuntun tatanan sosial.

6. Paus mengapresiasi keluarga di Indonesia masih memiliki tiga atau empat anak. Menurutnya itu contoh yang bagus untuk sebuah negara.

7. Paus menegaskan, manusia bisa melewati kekerasan dengan membangun keluarga. Ia kemudian menjadikan filosofi negara Indonesia untuk melewati masa kegelapan.

Sumber: Republika.co.id, Pengolah: Frederikus Dominggus/Hafil, Ilustrator:

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement