Kamis 09 Feb 2023 00:01 WIB

Gempa Timbulkan Kebakaran Terminal Peti Kemas di Turki Selatan

Peti kemas yang membawa bahan mudah terbakar menimbulkan kebakaran hebat..

Red: Yogi Ardhi

Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat. (AP/Hussein Malla) (FOTO : Serdar Ozsoy/Depo Photos via AP)

Asap hitam mengepul dari kejauhan di lokasi kebakaran pelabuhan peti kemas. Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat.- (A large fire that broke out at a section of a port in the earthquake-stricken town was raging for a second day running, in Iskenderun, southern Turkey, Tuesday, Feb. 7, 2023. Television images on Tuesday showed thick black smoke rising from burning containers at Iskenderun Port. Reports said the fire was caused by containers that toppled over during the powerful earthquake that struck southeast Turkey on Monday. Turkey (FOTO : Serdar Ozsoy/Depo Photos via AP)

Asap hitam mengepul dari kejauhan di lokasi kebakaran pelabuhan peti kemas. Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat.- ( (FOTO : Serdar Ozsoy/Depo Photos via AP)

Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat. (AP/Hussein Malla) (FOTO : AP/Hussein Malla)

Asap hitam mengepul dari kejauhan di lokasi kebakaran pelabuhan peti kemas. Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat.- ( (FOTO : AP/Hussein Malla)

Asap hitam mengepul dari kejauhan di lokasi kebakaran pelabuhan peti kemas. Api melalap tumpukan peti kemas di Pelabuhan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki Selasa (7/2/2023). Gempa membuat tumpukan berjatuhan dan menimbulkan kebakaran hebat.- ( (FOTO : AP/Hussein Malla)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, HATAY, TURKI -- Gempa bumi dengan magnitudo 7.8 di Turki dan Suriah meluluh-lantakkan negeri. Ribuan korban jiwa melayang. Sementara Puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal di tengah cuaca musim dingin. 

Gempa bumi di Turki juga menyebabkan bencana logistik yang tidak kalah dahsyat. Pelabuhan peti kemas Iskenderun di Provinsi Hatay, Turki terdampak gempa ini. Tumpukan peti kemas terhumbalang akibat guncangan gempa.

Parahnya peristiwa ini menyebabkan kebakaran yang melalap peti kemas. Ratusan peti kemas di pelabuhan ini terancam habis dilalap si jago merah. Sementara konsentrasi petugas darurat di sana diprioritaskan untuk mencari korban gempa yang tertimbun gedung.

Dikutip dari kantor berita Reuters kebakaran diduga berasal dari salah satu muatan peti kemas. Operasional salah satu pelabuhan perdagangan domestik di Turki ini pun terhenti.

 

 

 

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement