Senin 19 Feb 2018 22:16 WIB

Tradisi Ski Tradisional Berumur di Xinjiang

Diperkuat bukti lukisan purbakala ski yang telah berumur 10ribu-30ribu tahun..

Rep: Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Slanbek, 63, mencoba ski tradisional suku Uighur di daerah Altay di Wilayah Otonom Xinjiang Uighur, Cina. (FOTO : Jason Lee/Reuters)

Penduduk desa Alimase mencoba alat ski tradisional suku Uighur di Desa Khom, Altay di Wilayah Otonom Xinjiang Uighur, Cina. (FOTO : Jason Lee/Reuters)

Slanbek, 63, membuat alat ski tradisional suku Uighur di daerah Altay di Wilayah Otonom Xinjiang Uighur, Cina. (FOTO : Jason Lee/Reuters)

Lukisan gua purbakala di Wilayah Otonom Xinjiang Uighur, Cina. (FOTO : Jason Lee/Reuters)

Gua tempat lukisan manusia purbakala di Wilayah Otonom Xinjiang Uighur, Cina. (FOTO : Jason Lee/Reuters)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, KHOM -- Penduduk Khom di utara provinsi Xinjiang Cina memiliki alat tradisional untuk menjelajahi areal bersalju. Ski tradisional Khom ini menyerupai alat ski modern. Uniknya  desain alat ini tidak berubah sejak ribuan tahun.

'Teknologi' menggunakan ski telah dikenal ribuan tahun lalu. Terbukti dari lukisan purbakala yang terdapat di sebuah gua di Altay, Cina. Menurut sejarawan ski setempat lukisan ini diprediksi telah berumur 10.000 - 30.000 tahun.

 

Alat ski tradisional ini dilapisi kulit kuda. Tekstur bulu kuda yan bergerak satu arah, memungkinkan ski meluncur ke Sarah dépan dan mencegah penggunanya bergerak mundur.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement