Selasa 27 Feb 2018 21:29 WIB

Rumah Gua Tunisia

Kawasan ini pernah menjadi lokasi syuting film Star Wars.

Rep: Zohra Bensemra/Reuters/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Turis-turis Tunisia memperhatikan Saliha Mohamedi, 36, di rumah gua mereka di Matmata, Tunisia. Beberapa lokasi di tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film blockbuster Star Wars. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Saliha Mohamedi, 36, duduk bersama anak-anaknya di rumah gua mereka di Matmata, Tunisia. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Samar, 18, dan Latifa Ben Yahia, 38, (tengah) mengupas kacang di rumah gua mereka di Matmata, Tunisia. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Lansekap rumah gua di Matmata, Tunisia. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Bangunan zawiyah berdiri tidak jauh dari area rumah gua di Matmata, Tunisia. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Mounjia, 60, berfoto di dapur rumah guanya di Matmata, Tunisia. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

Tayeb, 76, di dalam rumah gua miliknya di Matmata, Tunisia. Rumahnya sempat menjadi penginapan bagi turis, namun kini jumlah turis sangan berkurang. (FOTO : Zohra Bensemra/Reuters)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, MATMATA -- Di kawasan Matmata Tunisia terdapat pemukiman warga yang berada di bawah permukaan tanah. Warga membangun rumahnya di dalam gua untuk melindungi diri dari sengatan panas di siang hari, dan udara dingin di saat malam.

 

Kebiasaan ini telah berlangsung sejak berabad lampau di lembah Djebel Dahar, selatan Tunisia. Namun beberapa dekade terakhir kawasan ini makin ditinggalkan penghuninya. Perubahan gaya hidup dan program modernisasi Presiden Habib Bourguiba di era tahun 60 hingga 70-an.

 

Sempat booming menjadi destinasi wisata pasca film blockbuster Holywood Star Wars syuting di tempat ini. Belakangan turis semakin berkurang, setelah gerakan Arab Spring menimbulkan gejolak di kawasan ini.  

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement