Senin 21 May 2018 22:40 WIB

Lintas Ramadhan: Wisata Religi Menanti Saat Berbuka

.

Rep: Republika, Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Umat muslim berkunjung ke Masjid Dian Al Mahri atau yang dikenal dengan Masjid Kubah Emas di Jalan Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, Senin (21/5). Masjid Kubah Emas yang merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara dengan kubahnya terbuat dari emas itu menjadi salah satu tujuan wisata religi umat Islam saat menunggu berbuka puasa. (FOTO : Indriarto Eko Suwarso/Antara)

Pengunjung memperhatikan ukiran Alquran dari kayu trembesi di kawasan Bait Alquran rakasasa Al Akbar Gandus Palembang, Sumatera Selatan, Senin (21/5). Bait Al Quran Raksasa Al Akbar ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Palembang. (FOTO : Felly Selly/Antara)

Santri belajar memaknai Kitab Kuning saat mengaji 'Kilatan Kitab' di Pondok Pesantren Almiizan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (21/5). Ngaji kitab kuning ini merupakan tradisi di pondok pesantren tradisional (salaf) maupun semi modern pada saat bulan suci Ramadan. (FOTO : Yulius Satria Wijaya/Antara)

Warga binaan membuat sarung dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II A Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (21/5). Memasuki Ramadan sejumlah warga binaan fokus membuat sarung tenun pesanan dari sejumlah toko busana muslim. (FOTO : Prasetia Fauzani/Antara)

Satgas Pangan Provinsi Lampung melakukan pemeriksaan bahan-bahan pembuatan kue di salah satu toko di Bandar Lampung, Lampung, Senin (21/5). Sidak pertama pada bulan Ramadan ini telah menemukan sejumlah bahan pembuat kue yang tidak memiliki izin edar yang selanjutnya dibawa ke Kantor BPOM. (FOTO : Ardiansyah/Antara)

Perajin menyelesaikan pembuatan pernak-pernik bernuansa bulan Ramadan di kawasan Kuta, Bali, Senin (21/5). Menurut perajin, memasuki bulan Ramadan terjadi lonjakan pesanan berbagai pernik kerajinan bertema bulan Ramadan seperti replika bedug, lampion kubah masjid dan hiasan ketupat yang dijual dengan ha (FOTO : Fikri Yusuf/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Puasa identik dengan kegiatan ibadah. Namun beberapa kegiatan menjelang berbuka puasa bisa diisi dengan berbagai hal selain ibadah. Rihlah atau melakukan perjalanan wisata menjadi alternatif. Kegiatan berwisata menanti berbuka puasa ini dalam skala yang lebih kecil dikenal dengan istilah ngabuburit.

Beberapa 'tempat wisata' yang menyajikan nuansa religi menjadi pilihan para wisatawan puasa ini. Mulai dari Masjid Kubah Emas di Depok hingga Bait Alquran Kota Palembang dikunjungi warga.  

sumber : Republika, Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement