Ahad 17 Mar 2019 10:04 WIB

Langsung Saja Masak Tanpa Perlu Mencucinya

Kelezatan rasa makanan bisa berkurang di bahan tertentu jika dicuci dulu.

Foto: dok Republika
Langsung Saja Masak Tanpa Perlu Mencucinya

REPUBLIKA.CO.ID, Ternyata tidak semua bahan makanan dianjurkan dicuci terlebih dulu sebelum memasaknya. Justru ada bahan-bahan makan yang dipantang dicuci.

Jamur

Membilas jamur dengan air sama saja merusak cita rasanya. Jamur bersifat mudah menyerap air dan nyaris tidak bisa dikeringkan setelah dicuci.

Mencuci jamur akan membuat kandungan airnya bertambah sehingga ketika dimasak kelezatan jamur akan berkurang. Jika jamur terlihat kotor, cukup membersihkannya dengan lap kering.

Daging ayam

Membilas daging ayam mentah dengan air justru  dapat meningkatkan kandungan racun dalam daging. Selain itu, mencuci daging ayam mentah sama dengan menyebarkan bakteri ke seluruh dapur.

Cipratan dan tetesan air dari daging ayam bisa mengontaminasi permukaan yang bersih. Satu-satunya cara membersihkan bakteri dari daging ayam adalah dengan memasaknya.

Daging merah

Jauhkan daging merah dari air sebelum dimasak. Membasuh daging sebelum dimasak dapat mengurangi kualitas daging tersebut.

Paparan air pada daging akan membuat daging lebih lembab dan memengaruhi rasanya. Untuk membersihkan daging merah, cukup gunakan lap kering. Cara ini sekaligus akan mengurangi kelembaban pada daging.

Pasta

Beberapa orang mencuci pasta sebelum dimasak dengan tujuan agar pasta bersih. Akan tetapi, langkah ini malah akan menghilangkan zat tepung di bagian luar pasta.

Tepung tersebut berfungsi sebagai pemberi rasa sekaligus pelekat agar saus mau menempel pada pasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement