Senin 15 Apr 2019 13:15 WIB

Sayuran Buah Hijau yang Kaya Gizi

Tiap warna sayur dan buah mengandung gizi yang berbeda.

Foto: Republika
Sayuran Buah Hijau yang Kaya Gizi

REPUBLIKA.CO.ID, Sayuran dan buah diciptakan dalam beragam warna. Setiap warna sesungguhnya memiliki kandungan nutrisi tersendiri.

Khusus sayuran dan buah warna hijau biasanya kaya klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten.

Berikut beberapa manfaat sayur dan buah warna hijau.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan strok. Untuk menjaga kadar kolesterol, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur dan lainnya.

Cegah kanker

Banyak penelitian mencatat diet kaya sayuran dan buah-buahan hijau dapat membantu menangkal kanker. Mereka mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara.

Kesehatan mata

Bayam, kale, kiwi, anggur dan zukini mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk macula dan mencegah kerusakan dari cahaya biru.

Kesehatan pencernaan

Untuk memastikan fungsi sistem pencernaan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau. Serat menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement