Rabu 05 Jun 2019 00:12 WIB

Manfaat Silaturahim dalam Islam

Islam mendorong silaturahim karena manfaat memperpanjang umur dan dekatkan surga

Manfaat silaturahim dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam QS an-Nisa [4] ayat 36, ditegaskan, setelah diperintahkan untuk menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya, kaum muslimin diperintahkan untuk membangun silaturahim dengan sesama manusia (hablum minannas).

Berikut keutamaan silaturahim dalam Islam:

1. Konsekuensi Keimanan seperti yang termaktub di dalam hadist.  “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung tali silaturahim.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dipanjangkan umur dan dilapangkan rezeki. Hal ini tersebut dalam hadist,  “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi.”(HR Bukhari dan Muslim).

3. Penyebab masuk surga. Dari Abu Ayyub al-Anshari RA, sesungguhnya seorang laki-laki berkata: Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka. Maka, Nabi SAW bersabda: “Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahim.” (HR Bukhari dan Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement