Kamis 10 Feb 2022 16:51 WIB

Aksi Pelajar Muslimah India Memprotes Larangan Berhijab

Kebijakan diskriminatif larangan hijab menyebabkan protes dan kekerasan yang meluas..

Rep: / Red: Mohamad Amin Madani

Pelajar India, beberapa memegang plakat, berpartisipasi dalam prosesi untuk memprotes larangan gadis Muslim berhijab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di Kolkata, India, Rabu, 9 Februari 2022. Gadis Muslim berhijab dilarang menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, yang memicu protes selama berminggu-minggu oleh para siswa. (FOTO : AP/Bikas Das)

Wanita Muslim berkumpul untuk berpartisipasi dalam pawai menentang pelarangan gadis Muslim mengenakan jilbab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di New Delhi, India, Rabu, 9 Februari 2022. Staf sekolah menengah dan pihak berwenang menuduh gadis-gadis itu menentang aturan yang seragam tetapi para siswa mengatakan bahwa mereka kehilangan hak yang dijamin secara konstitusional untuk mempraktikkan keyakinan mereka. (FOTO : AP/Manish Swarup)

Wanita Muslim berpartisipasi dalam pawai menentang pelarangan gadis Muslim mengenakan jilbab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di New Delhi, India, Rabu, 9 Februari 2022. Staf sekolah menengah dan pihak berwenang menuduh gadis-gadis itu menentang aturan seragam tetapi para siswa mengatakan bahwa mereka kehilangan hak yang dijamin secara konstitusional untuk mempraktikkan keyakinan mereka. (FOTO : AP/Manish Swarup)

Pelajar India berpartisipasi dalam prosesi untuk memprotes larangan gadis Muslim berhijab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di Kolkata, India, Rabu, 9 Februari 2022. Gadis Muslim berhijab dilarang hadir kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, memicu protes selama berminggu-minggu oleh siswa. (FOTO : AP/Bikas Das)

Siswa India, beberapa memegang plakat, berpartisipasi dalam prosesi untuk memprotes larangan gadis Muslim berhijab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di Kolkata, India, Rabu, 9 Februari 2022. Gadis-gadis Muslim mengenakan hijab dilarang menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, yang memicu protes selama berminggu-minggu oleh para siswa. (FOTO : AP/Bikas Das)

Pelajar India, satu memegang plakat, berpartisipasi dalam prosesi untuk memprotes larangan gadis Muslim berhijab menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di Kolkata, India, Rabu, 9 Februari 2022. Gadis-gadis Muslim mengenakan hijab dilarang menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, yang memicu protes selama berminggu-minggu oleh para siswa. (FOTO : AP/Bikas Das)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Sejumlah pelajar muslim India melakukan aksi unjuk rasa untuk memprotes larangan gadis Muslim berhijab untuk masuk ke ruang kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, di Kolkata, India, Rabu (9/2/2022).

Gadis Muslim berhijab dilarang menghadiri kelas di beberapa sekolah di negara bagian Karnataka, India selatan, yang memicu protes selama berminggu-minggu oleh para siswa. Kebijakan diskriminatif ini menyebabkan protes dan kekerasan yang meluas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement