Selasa 14 Jun 2022 07:47 WIB

3 Artefak Islam di Museum Inggris

Museum Inggris menyimpan benda seni dan artefak peninggalan Islam.

Foto: republika
Artefak Islam di Museum Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Museum Inggris menyimpan benda seni dan artefak peninggalan Islam. Koleksinya mulai dari logam dinasti Moghul, Mamluk, dan Safawi. 

Pada 18 Oktober 2018, museum ini menampilkan pameran koleksi peninggalan Islam. Di antara koleksi artefak Islam yang ada di museum tersebut yaitu:

>Lampu Masjid

Peninggalan dari pertengahan abad ke-16 dari Masjid Kubah Batu di Yerusalem. Benda itu diwariskan oleh mantan wali kota Charles Drury Edward Fortnum (1820-1899). Lampu tersebut dibuat pada masa dinasti Turki Usmani pada 1549 dan proses pembuatan cukup rumit.     

>Lukisan dan Kaligrafi

Lukisan ini menampilkan Ibrahim Adil Shah II yang sedang memuliakan Sufi. Sementara, kaligrafi yang tercantum dalam lukisan mengandung teks puitis dan tanda tangan. Kaligrafi ini menggunakan tinta cat air yang gelap dan berwarna emas. Lukisan ini berasal dari dinasti Adil Shah dibuat antara 1620-1627. Sedangkan, kaligrafi berasal dari Dinasti Mughal dibuat antara  1733-1734.

Astrolab

Astrolab adalah instrumen astronomi zaman dahulu, terbuat dari kuningan, dilapisi perak, dan diukir dengan tujuh pelat lintang. Benda bersejarah ini ditandai dengan penunjuk ke 63 bintang. Astrolab ini berasal dari dinasti Safawi yang dibuat pada 1712. Shah Sultan Husain ketika berkuasa berperan dalam pembuatan instrumen besar ini.

Penulis: Ratna Ajeng Tejomukti

Pengolah: Nashih Nashrullah

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement