Sabtu 16 Jul 2022 12:07 WIB

Yang Tersisa dari Bukti Kejayaan Abbasiyah

Bani Abbas mendirikan kekhalifahan baru yang bertahan selama 500 tahun.

Foto: republika
Yang Tersisa dari Bukti Kejayaan Abbasiyah

REPUBLIKA.CO.ID, Berawal dari tumbangnya Dinasti Umayyah pada 750 M, berdirilah kekhalifahan baru dari Dinasti Abbasiyah. Dinasti Umayyah disingkirkan lewat revolusi yang dipimpin Bani Abbas yang masih kerabat Bani Umayyah dan keturunan dari paman Nabi, Abbas.

Bani Abbas mendirikan kekhalifahan baru yang bertahan selama 500 tahun dengan pusat pemerintahan di Baghdad.  Kekhalifahan Abbasiyah berakhir pada 1258 ketika orang-orang Mongol menyerbu Baghdad. Berikut saksi kejayaan Dinasti Abbasiyah yang masih tersisa:

>Istana Ukhaidir 

Dibangun pada 775 di dekat Kufa, sebuah wilayah yang berjarak 200 km selatan Baghdad, istana ini sedikit banyak memberi gambaran mengenai bentuk kota melingkar. Di dalamnya, terdapat sejumlah pekarangan, aula, sebuah masjid, dan permandian.   

 

>Makam Zumurrud Khatun     

Berlokasi di pusat kota Baghdad, bangunan ini sangat dekat dengan Madrasah Mustansiriya yang tersohor itu. Sesuai dengan namanya, bangunan ini didirikan oleh Zumurrud Khatun, ibunda Khalifah An-Nashir Lidinillah. Ia adalah khalifah Bani Abbasiyah ke-34 (1180-1225).   

>Masjid Agung Samarra

Masjid itu adalah Masjid Agung Samarra yang kala itu merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid yang terkenal dengan menara berbentuk spiral ini dibangun pada 848-852 oleh putra sekaligus pewaris al-Mu'tasim, al-Mutawakkil. Bentuk menara yang sangat unik ini tampaknya terilhami oleh ziggurat, menara kuil kuno Mesopotamia.

Pengolah: Nashih Nashrullah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement