Sabtu 06 Aug 2022 12:13 WIB

3 Madrasah Ternama Abad Pertengahan

Keberadaan madrasah sangat erat kaitannya dengan masjid.

Foto: republika
Tiga Madrasah Ternama Abad Pertengahan.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam bahasa Arab, madrasah berarti “tempat belajar-mengajar”. Istilah ini digunakan untuk menyebut sekolah, universitas, ataupun akademi. Pada komunitas Muslim awal, keberadaan madrasah sangat erat kaitannya dengan masjid.  

 

Madrasah tertua terdapat di Masjid Qarawiyyin di Fes, Maroko. Madrasah ini didirikan pada 859 M oleh Fatimah al-Fihri, putri seorang pedagang kaya raya.

 

 

Seabad kemudian, tepatnya pada 959, berdiri madrasah lainnya di Masjid al-Azhar, Kairo, Mesir. Pada masa-masa berikutnya, bermunculan madrasah lain di berbagai tempat. Tiga di antaranya sebagai berikut:

 

>Madrasah Mustansiriya

 

Dibangun di Baghdad oleh khalifah Abbasiyah, al-Mustanshir, pada 1227-1234, Madrasah Mustansiriya merupakan salah satu pusat pengajaran tertua di dunia. Dalam Ensiklopedia Seni dan Arsitektur Islam disebutkan, Mustansiriya merupakan contoh awal yang menawan dari desain madrasah.

 

>Madrasah Chahar Bagh

 

Pada masa Dinasti Utsmaniyah di Turki dan Dinasti Safawi di Iran, madrasah dibangun dalam kompleks masjid megah. Di dalamnya sering juga terdapat caravanserai (penginapan), bazar, serta area komersial  untuk mendanai aktivitas madrasah contohnya Madrasah Chahar Bagh di Isfahan, Iran. Dibangun Sultan Hussain, salah satu penguasa Dinasti Safawi, pada 1706-1715.

 

> Madrasah Sultan Hasan

 

Masjid sekaligus madrasah ini dibangun pada 1356 atas perintah Sultan Mamluk, Hasan. Ketika didirikan, situs ini merupakan salah satu bangunan terbesar di Kairo. Madrasah ini didesain untuk menampung para pelajar dan ulama dari empat mazhab utama Islam Sunni.

 

Pengolah: Nashih Nashrullah    

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement