Jumat 08 Jul 2022 07:26 WIB

Infografis Nabi yang Diutus ke Jazirah Arab

Enam Nabi yang Diutus ke Jazirah Arab.

Foto: Dok Republika
Infografis Nabi yang Diutus ke Jazirah Arab. Foto: Ilustrasi Nabi dan Rasul

REPUBLIKA.CO.ID,

Enam Nabi yang Diutus ke Jazirah Arab

 

 Dalam kitab Athlas Tarikh al-Anbiya` wa ar-Rusul, Sami bin Abdullah Al-Maghluts menjelaskan, ada enam nabi dan rasul yang diutus Allah di Makkah dan sekitarnya (Jazirah Arabia). 

 

1. Nabi Adam AS

Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Adam AS diturunkan oleh Allah di tanah India, kemudian ia diperintahkan untuk melaksanakan ibadah haji ke Makkah

2. Nabi Saleh AS

Nabi Saleh AS adalah putra Ubai bin Asif bin Masih bin Ubaid bin Hadzir bin Tsamud bin ‘Amir bin Iram bin Sam bin Nuh AS. Nabi Saleh AS diperkirakan hidup pada 2150-2080 SM. Dan diutus menjadi nabi sekitar tahun 2100 SM dan wafat di Makkah.

Nabi Saleh diutus di kawasan Al-Hijr (antara Makkah dan Madinah). Perkampungan tempat diutusnya kini disebut juga dengan nama Madain Saleh. 

3. Nabi Hud

Hingga kini peninggalannya ada di daerah Ubar dan Hadramaut. Hasil penemuan peninggalan kaumnya ini oleh para arkeolog dinamakan sebagai Atlantis di Padang Pasir.  

4. Nabi Ismail AS  

Nabi Ismail AS adalah putra Nabi Ibrahim AS dari istrinya yang bernama Siti Hajar. Beberapa waktu setelah dilahirkan, Ibrahim AS mengajak istrinya Siti Hajar dan Ismail ke Makkah. Ibrahim ditugaskan oleh Allah untuk menyempurnakan pembangunan Ka’bah (baitullah).  

5.Nabi Syuaib AS 

Nabi Syuaib AS adalah mertua Nabi Musa AS. Ia mempunyai dua orang anak perempuan dan salah seorang putrinya menikah dengan Nabi Musa AS. Nabi Syuaib AS tinggal di daerah Madyan.

6. Nabi Muhammad SAW  

Nabi Muhammad SAW adalah putra dari Abdullah bin Abdul Muthalib. Saat dilahirkan pada tahun 570 Masehi, ayahnya sudah meninggal dunia. Dan saat berusia sekitar lima tahun, ibunya yang bernama Aminah juga wafat di daerah Abwa (Madinah).

Pada usia 25 tahun, Nabi Muhammad SAW menikah dengan Siti Khadijah binti Khuwailid, seorang janda kaya keturunan Quraisy. Dan saat berumur 40 tahun, Allah mengangkatnya menjadi nabi dan rasul terakhir (khatamun nabiyyin) dengan diturunkannya surah Al-Alaq [95]: 1-5, di Gua Hira. 

Ketika memasuki usia 53 tahun, dan beratnya perjuangan yang dihadapi umat Islam di Makkah, bersama para sahabatnya, beliau hijrah ke Madinah. Di kota inilah beliau mengajarkan Islam dan menjadikan Madinah sebagai kota Nabi. Beliau wafat pada usia 63 tahun dan dimakamkan di Madinah, tepatnya di dalam Masjid Nabawi.

 Pengolah: Muhammad Hafil, Ilustrator:

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement