Selasa 22 May 2018 23:57 WIB

Lintas Ramadhan: Braille Camp dan Penganan Rotan Bakar

.

Rep: Republika, Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Sejumlah penyandang tuna netra mengikuti kegiatan Alquran Braille Camp 2018 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial. Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jawa Barat, Selasa (22/5). Kegiatan tersebut dilakukan guna mengisi waktu di Bulan Ramadan dan bertujuan untuk para penyandang tuna netra mampu membaca Alquran braille, menulis arab braille dan menelaah ilmu tajwid (FOTO : Novrian Arbi/Antara)

Pedagang membakar batang rotan (pakkat) untuk dijual di Jalan Panglima Denai, Medan, Sumatra Utara, Selasa (22/5). Pakkat merupakan makanan khas Batak Mandailing yang biasanya dijajakan pada bulan Ramadan dengan harga Rp2.000 per batang. (FOTO : Septianda Perdana/ANTARA)

Karyawan mengerjakan pembuatan kerajinan rebana di industri rumahan generasi ketiga H. Zaini di Desa Krangmlati, Demak, Jawa Tengah, Selasa (22/5). Pesanan alat musik rebana yang biasanya digunakan untuk mengiringi kegiatan Islami yang dipasarkan seharga Rp3 juta-Rp8 juta per set itu mengalami peningkatan hingga 50 persen saat bulan Ramadan hingga Syawal. (FOTO : Aji Styawan/Antara)

Petugas Satuan Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pendataan wanita pemandu karaoke yang terjaring operasi penyakit masyarakat di Polres Demak, Jawa Tengah, Selasa (22/5). Sebanyak lima belas wanita pemandu karaoke yang terjaring operasi karena melanggar Maklumat Ramadan Pemkab Demak tentang pelarangan beroperasinya tempat karaoke selama bulan suci Ramadan. Kelima belas wanita yang terjaring tersebut selanjutnya akan dilakukan pembinaan oleh petugas Satpol PP setempat. (FOTO : Aji Styawan/Antara)

Sejumlah pengunjung membaca buku di Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (22/5). Jumlah pengunjung perpustakaan setempat mengalami peningkatan sekitar sepuluh persen selama sepekan Ramadan karena banyaknya warga yang menghabiskan waktu di perpustakaan untuk membaca buku dan mengakses internet secara gratis. (FOTO : Aditya Pradana Putra/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ramadhan tidak hanya menjadi kegembiraan bagi umat Islam yang dianugerahi panca indera lengkap. Penyandang tuna netra di Bandung menyambut bulan suci ini dengan menggelar Alquran Braille Camp. 

Jika kolak pisang dan biji salak terlalu mainstream sebagai penganan berbuka, di Medan terdapat penganan berupa batang rotan yang dibakar. Penjual makanan khas Mandailing ini biasanya muncul pada saat Ramadhan tiba.

sumber : Republika, Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement