Kamis 16 May 2019 21:34 WIB

Tiga Masjid di Yangon Myanmar Ditutup Pemerintah Setempat

Mereka dianggap melanggar 'Perda' Kawasan Tanpa Masjid di Yangon Timur..

Rep: Yogi Ardhi, Lyn Bo Bo/EPA-EFE/ Red: Yogi Ardhi

Warga muslim melintasi bangunan mushala sementara yang ditutup pemerintah atas permintaan sekelompok massa di Yangoon, Myanmar, Kamis(16/5) (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

Seorang warga Muslim menutup bangunan yang dijadikan masjid di Yangoon, Myanmar terkunci setelah penguasa setempat melarang penggunaan tempat ini sebagai tempat ibadah. Kamis (16/5). Sebelumnya sekelompok massa memaksa pemerintah setempat menutup masjid dan mushala di Yangoon. (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

Kertas berisi izin dari pemerintah setempat di salah satu masjid yang ditutup pemetintah, Yangon, Myanmar,Kamis (16/5). (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

Kompleks bangunan masjid sementara yang ditutup pemerintah Yangoon, Myanmar, Kamis (16/5). (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

Seorang pria muslim berjalan di dalam masjid sementara yang ditutup pemerintah Yangon, Myanmar, Kamis(16/5) (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

Pintu mushola di Yangoon, Myanmar terkunci setelah penguasa setempat melarang penggunaan tempat ini sebagai tempat ibadah. Kamis (16/5). Sebelumnya sekelompok massa memaksa pengusasa setempat menutup masjid dan mushala di Yangoon. (FOTO : LYNN BO BO/EPA-EFE)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Pada bulan suci Ramadhan umat muslim di dunia memperbanyak ibadah, baik dilakukan sendiri maupun berjamaah. Masjid dan mushala lokasi yang banyak dicari untuk melakukan aktivitas ibadah mereka.

Namun lain halnya di kota setingkat kecamatan South Dagon Township, Yangon Myanmar. Kawasan yang berada di timur Yangon sekitar 25 km dari pusat kota. Warga Muslim harus merelakan tidak melakuakn ibadah Ramadan setelah 3 mushala dan masjid di kawasan ini ditutup pemerintah setempat.

Sebelumnya sekelompok massa menuntut penutupan 3 mushala dan masjid di kawasan ini. Karena dianggap melanggar 'peraturan daerah' yang melarang berdirinya tempat ibadah muslim. Pemerintah setempat pun enggan menolak untuk mencegah pertikaian semakin membesar.

Di Kota Yangon sendiri terdapat setidaknya 100 masjid. Di setiap township terdapat sebuah masjid atau mushala.   

sumber : EPA-EFE
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement