Selasa 03 Dec 2019 11:55 WIB

Kabar Nusantara: Banjir Aceh Hingga Upacara Telur Maleo

.

Rep: Republika, Antara / Red: Yogi Ardhi

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat membantu warga yang sakit saat melintasi banjir dengan menggunakan perahu di Desa Pasi Masjid, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Senin (2/12) (FOTO : Syifa Yulinas/Antara)

asyarakat adat Batui membawa telur burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang telah dibungkus dengan daun lontar pada ritual Tumpe di Kelurahan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (2/12) (FOTO : Basri Marzuki/Antara)

Korban berdoa saat putusan gugatan perdata kasus First Travel di Pengadilan Negeri, Depok, Jawa Barat, Senin (2/12/2019). Putusan majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok menolak gugatan korban penipuan biro perjalanan haji dan umroh First Travel. (FOTO : Asprilla Dwi Adha/Antara)

Sejumlah calon penumpang berjalan menuju perahu penyeberangan di Pelabuhan Batu Baubau di Sulawesi Tenggara, Senin (2/12/2019). Perahu penyeberangan yang beroperasi 24 jam tersebut menghubungkan Kabupaten Buton Tengah dan Kota Baubau untuk mempersingkat jarak bila dengan jalur darat sekitar 27 Kilometer dengan tarif Rp20 ribu per orang. (FOTO : Jojon/Antara)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Sarikat Pekerja Buruh Jawa Barat melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (2/11/2019). Mereka mendesak untuk pencabutan salah satu poin Surat Keputusan Gubernur tentang ketetapan UMK Jawa Barat tahun 2020. (FOTO : Novrian Arbi/Antara)

Siswa kelas 6 SLB A/YKAB Surakarta membaca soal dengan naskah braile saat mengikuti ujian sekolah di Solo, Jawa Tengah, Senin (2/12/2019). Kegiatan tersebut untuk membiasakan siswa mengerjakan soal guna persiapan ujian sekolah nasional pada 2020. (FOTO : Maulana Surya/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- intensitas hujan menyebabkan Sungai Krueng Meureubo dan Sungai Krueng Woyla meluap dan merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Woyla Barat, Pante Ceureumen, Woyla Timur dan Kaway XVI di Aceh Barat.

Sementara di Kelurahan di Kelurahan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, masyarakat adat Batui membawa telur burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang telah dibungkus dengan daun lontar pada ritual Tumpe Upacara adat Tumpe.

Upacara yang  telah dilaksanakan sejak lebih dari 400 tahun lalu itu sebagai persembahan dan bentuk kesetiaan menjalankan perintah oleh masyarakat Batui kepada Raja Banggai dan keluarganya. Berikut berita foto Kabar Nusantara selengkapnya.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement