Kamis 23 Jan 2020 13:56 WIB

Bangunan Bersejarah Ini Ada di Dalam Area Kedubes AS

.

Red: Yogi Ardhi

Suasana Gedung Bersejarah di dalam Kompleks Kedubes Amerika Serikat , Jakarta, Kamis (23/1). Sebelum difungsikan sebagai kantor perwakilan Pemerintah AS sejak tahun 1952, gedung itu pernah digunakan sebagai kantor dan kediaman delegasi Indonesia pimpinan Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Sjahrir untuk persiapan Konferensi Meja Bundar. (FOTO : Aprillio Akbar/Antara)

Wamenlu Mahendra Siregar berpidato pada acara peresmian The Heritage Building di dalam Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Kamis (23/1). Sebelum difungsikan sebagai kantor perwakilan Pemerintah AS sejak tahun 1952, gedung itu pernah digunakan sebagai kantor dan kediaman delegasi Indonesia pimpinan Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Sjahrir untuk persiapan Konferensi Meja Bundar. (FOTO : Aprillio Akbar/Antara)

Duta Besar Joseph R Donovan Jr (tengah), Wamenlu Negeri Mahendra Siregar (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang pada acara peresmian The Heritage Building di dalam Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Kamis (23/1). Sebelum difungsikan sebagai kantor perwakilan Pemerintah AS sejak tahun 1952, gedung itu pernah digunakan sebagai kantor dan kediaman delegasi Indonesia pimpinan Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Sjahrir untuk persiapan Konferensi Meja Bundar. (FOTO : Aprillio Akbar/Antara)

Dubes Joseph R Donovan Jr (tengah), Wamenlu Mahendra Siregar (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berbincang saat peresmian pada acara peresmian The Heritage Building di dalam Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Kamis (23/1). Sebelum difungsikan sebagai kantor perwakilan Pemerintah AS sejak tahun 1952, gedung itu pernah digunakan sebagai kantor dan kediaman delegasi Indonesia pimpinan Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Sjahrir untuk persiapan Konferensi Meja Bundar. (FOTO : Aprillio Akbar/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangunan bersejarah biasanya kita temui berada di wilayah-wilayah yang mudah diakses warga. Namun kali ini bangunan heritage ini berada di wilayah kedaulatan negara lain walaupun ada di Jakarta.

Bangunan bersejarah yang satu ini kini berada di balik tembok tinggi Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.Gedung ini pernah difungsikan sebagai kantor perwakilan Pemerintah AS sejak tahun 1952.

Sebelumnya gedung yang sama  pernah digunakan sebagai kantor dan kediaman delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Sutan Sjahrir (Perdana Menteri Pertama Indonesia 1945-1947) untuk persiapan Konferensi Meja Bundar. 

 

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement